Pemkot Probolinggo Bertabur Penghargaan Sepanjang 2022 -->

Breaking news

Live
Loading...

Pemkot Probolinggo Bertabur Penghargaan Sepanjang 2022

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Sunday 18 December 2022


Probolinggo - Penganugerahan Global Winner We Love Cities Tahun 2022 melengkapi Raihan positif kinerja Pemkot Probolinggo sepanjang 2022 ini. Hal itu pun jadi perhatian banyak kalangan. Termasuk insan pers di Probolinggo. 


Sejumlah media tak ketinggalan menghadiri jumpa pers yang digelar usai apel, Sabtu pagi (16/12). Baik itu media cetak, online hingga jurnalis televisi. 


Jumpa pers itu digelar di ruang Command Center, Kantor Wali Kota Probolinggo. Sekitar 80 awak media hadir dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Ninik Irawibawati, Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan, dan sebagai moderator Kepala Diskominfo Pujo Agung Satrio itu.


Dalam sambutannya, Wali Kota Probolinggo menyampaikan terima kasihnya kepada awak media yang telah turut mendukung Kota Probolinggo di ajang persahabatan dunia tersebut.


"Pemerintah tanpa media bukanlah apa-apa. Karena kebijakan pemerintah yang bagus tidak akan terdengar oleh masyarakat, jika media sebagai perantara tidak mempublikasikan. Disini pemerintah dan media beririsan. Jadi, harus bersinergi menyebarkan kebijakan-kebijakan pemerintah," jelas Habib Hadi -sapaan akrab Wali Kota Probolinggo-.


Dalam jumpa pers tersebut, Wali Kota juga menyebutkan beberapa raihan prestasi Kota Probolinggo di kancah provinsi dan nasional.


Terbaru, Wali Kota Probolinggo berhasil meraih Satyalancana Wira Karya dari presiden Jokowi Widodo melalui Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada 13 Desember lalu.


Pada tanggal 9 Desember, Pemkot Probolinggo juga meraih Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara. Pemkot Probolinggo berhasil menduduki kategori baik dalam penerapan sistem Merit dan manajemen ASN di lingkungan pemerintah daerah.


Baru-baru ini, Pemkot Probolinggo juga mendapat prestasi dari KPK RI untuk penyelamatan aset negara, "Berkenaan dengan masalah aset, Pemkot Probolinggo sudah menyelesaikan 100 persen," ujarnya.


Beberapa penghargaan yang diraih oleh pemerintah Kota Probolinggo pada tahun ini, disebutkan Habib Hadi merupakan upaya pemerintah untuk Kota Probolinggo lebih baik lagi.


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari rekan media. Lima pertanyaan yang diajukan bagaimana langkah Pemkot Probolinggo selanjutnya dalam hal saran pembangunan yang telah disuarakan oleh warga dalam ajang We Love Cities.


Deretan Prestasi Pemerintah Kota Probolingggo sepanjang 2022: 


Global Winner dalam ajang We Love Cities 2022.

Penghargaan Satyalancana Wira Karya, sebuah tanda kehormatan atas jasa keberhasilan meningkatkan UMKM di Bidang Kelautan dan Perikanan melalui program jempol untukmu.

Nirwasita Tantra Tahun 2021 untuk Kota Probolinggo sebagai terbaik III Kriteria Pemerintahan Daerah kategori kota sedang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Wali Kota Pendukung Gerakan Zakat Indinesia dalam BAZNAS Award 2022.

Opini WTP lima kali berturut-turut nerhasil dipertahankan oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2022 SDN Sukabumi 4, SDN Ketapang 1, SD Integral Hidayatullah Kedopok, SMPN 2 SMPK Mater Dei dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Railways Safety Award dari Kemenhub karena komitmen Pemerintah Kota Probolinggo dalam menjaga keselamatan pengguna jalan yang melintas di perlintasan kereta api, yaitu dengan akan membangun pos perlintasan di 3 lokasi.

Penghargaan kategori badan publik informatif subkategori pemerintah kabupaten/kota di Jawa timur dari Komisi Informasi Jawa timur. 

UPTD RPH Kota Probolinggo menjadi juara 3 Se-Jawa Timur untuk RPH yang menerapkan RPH Asuh (aman, sehat utuh dan halal).

Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Untuk Kota Probolinggo yang telah mencapai UHC (Universal Health Coverage), sampai dengan saat ini cakupan UHC sudah 99,41 persen.

Penghargaan dari Gubernur Provinsi Jawa Timur sebagai kepala daerah terbaik dalam mendukung program perlindungan nelayan berupa fasilitasi asuransi nelayan. 

Kota Probolinggo masuk 5 besar Kabupaten/Kota tercettar dalam penghargaan hasil evaluasi reformasi birokrasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, budaya kerja dan zona integritas dari Pemprov Jawa Timur.

Anugerah Meritokrasi 2022 dari Aparatur Sipil Negara (Kasn) dengan predikat baik dalam penerapan sistem merit dan manajemen ASN di lingkungan pemerintah daerah.

Penghargaan Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Puskesmas Kanigaran.

Penghargaan Predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kecamatan Kademangan.

Penghargaan pensertifikatan aset pemerintah daerah 100 persen dari KPK RI.

Penghargaan Kabupaten/Kota layak anak (KLA) kategori utama tahun 2022 dari Kementerian Pberdayaan Perempuan dan Perlindngan anak.

Nirwasita Tantra Tahun 2021 untuk Wali Kota Probolinggo sebagai Kepala Daerah kategori Kota sedang Ternaik III dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2021 dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan