Festival 1 Abad NU Probolinggo Raya Sukses Digelar -->

Breaking news

Live
Loading...

Festival 1 Abad NU Probolinggo Raya Sukses Digelar

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Monday 23 January 2023



Probolinggo - Gelaran Festival 1 Abad NU Probolinggo Raya yang digelar mulai 13 Januari lalu, ditutup meriah dengan sejumlah tampilan hiburan memukau warga Kota Probolinggo yang mendatangi Alun-alun, Sabtu (22/1) malam.


Ya, pelaksanaan selama 10 hari digelar itu membawa kesan apik bagi salah satu pengunjung yang datang bersama suaminya, Diah, warga Cangkring Kelurahan-Kecamatan Kanigaran. Ia mengaku datang tak hanya pembukaan saja, namun selama pagelaran berlangsung hingga penutupan. "Pokoknya seru, seneng banget. Bangga dengan kota sendiri. Semoga ke depannya (Kota Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo) tambah maju dan sukses," ujar ibu dua anak itu.


Ketua PCNU Kota Probolinggo Samsur mengucapkan terima kasih pada Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin atas dukungannya atas terselenggaranya festival ini. Ungkapan serupa juga disampaikan kepada panitia pelaksana kegiatan tersebut.


"Nahdlatul Ulama dalam rangka menyambut peringatan 1 Abad, 100 tahun Nahdlatul Ulama berdiri di bumi nusantara ini, insyaallah puncak kegiatan peringatan hari lahir NU akan dilaksanakan pada 16 Rajab 1444 Hijriah bertepatan hari Selasa 7 Februari 2023 yang akan dilaksanakan di GOR Delta Sidoarjo. Yang insyaallah akan dihadiri oleh satu juta pengurus NU se-Indonesia dan para warga Nadliyin dan simpatisan," ucapnya. Terkait itu, Ia juga minta doa restu wali kota, bahwa PCNU Kota Probolinggo akan memberangkatkan kurang lebih 1500 pengurus dan jajarannya.


Tidak dipungkiri olehnya, bahwa pelaksanaan festival ini mampu membantu para pelaku usaha kecil menengah di Kota Seribu Taman. "Festival 1 Abad yang dilaksanakan di Kota Probolinggo ini sungguh luar biasa dan tentu kamu memberikan apresiasi. Dan mudah-mudahan ke depan ada kegiatan-kegiatan yang lain yang bisa dilaksanakan sekaligus untuk ikut mendongkrak perekonomian masyarakat, para pelaku UMKM. Yang kita ketahui bersama semakin semangat dalam melakukan usaha dilihat dari perkembangan mengurus sertifikat produk halal juga semakin meningkat kuantitasnya. Ini yang kita banggakan dan atas dukungan dari Bapak Wali Kota Probolinggo," bebernya.



Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mensyukuri gelaran festival ini berjalan dengan sukses dan lancar. "Semoga menambah rejeki dan barokah untuk semua pelaku UMKM dan PKL yang ikut memeriahkan kegiatan yang saya lihat mencakup segala aspek. Baik itu dari sisi ekonomi, sosial, budaya, religi. Saya lihat para UMKM-PKL ini tersenyum manis laris manis," ucapnya.


Menurutnya melalui giat ini dapat menginformasikan kepada masyarakat untuk lebih mengetahui program NU untuk dapat membangun dan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki NU. "Partisipasi NU dalam mendukung pemerintah harus betul-betul ditunjukkan selaras dengan nafas perjuangan Amar Makruf. Mudah-mudahan sinergitas yang sudah terjalin dapat kita tingkatkan lagi untuk kemaslahatan masyarakat," ujarnya.


Dalam menggerakkan perekonomian masyarakat itu, tentu pemerintah ingin terus  memberikan hiburan positif semacam ini. Mulai 29-31 Januari 2023 mendatang, bakal dilaksanakan Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi. Untuk itu, dirinya mengajak pada semua masyarakat Kota Probolinggo mengikuti perkembangan pertanggungjawaban kepemimpinanannya.


Pada penutupan festival, pemkot memberikan bantuan hibah motor sebanyak 7 unit kepada Banser PCNU Kota Probolinggo. Penyediaan minum kopi gratis bayar seikhlasnya dari PCNU Kraksaan Kabupaten Probolinggo dan gelaran potong rambut gratis oleh PCNU Kota Probolinggo.


Hadir dalam giat ini sejumlah perwakilan forkopimda, pimpinan PCNU Probolinggo Raya, anggota DPRD, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Ketua GP Ansor para pejabat di lingkungan Pemkot Probolinggo dan tokoh agama serta tokoh masyarakat. (Nn)