Kapolres Lumajang Bersama Forkopimda dan IPSI Menggelar Rapat Koordinasi -->

Breaking news

Live
Loading...

Kapolres Lumajang Bersama Forkopimda dan IPSI Menggelar Rapat Koordinasi

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Saturday 14 January 2023



Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K., M.H, bersama forkopimda menggelar rapat koordinasi dan silaturahmi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan seluruh Perguruan Siilat, guna mencegah konflik antar perguruan di wilayah Kabupaten Lumajang, bertempat di Lobi Polres Lumajang, Jumat, (12/01/2023).


Dalam arahannya Kapolres menekankan, agar semua pihak khususnya para pesilat, bisa menjaga harmonisasi, sehingga Kamtibmas tetap terjaga salah satunya dengan melaksanakan silaturahmi. 



”Silaturahmi adalah sesuatu yang diajarkan oleh semua agama dan kami TNI/POLRI harus bisa menjaga silaturahmi tersebut dengan baik,” ucap Kapolres


AKBP Dewa Putu Eka D, S.IK., M.H. menambahkan, keberagaman seni pencak silat yang ada di Indonesia ini jangan dijadikan sebagai perbedaan. Jadikan perbedaan tersebut menjadi suatu keindahan sehingga menjadi sesuatu yang dapat memicu timbulnya kreatifitas khususnya di Kabupaten Lumajang. 


“Mari kita terapkan konsep yang besar melindungi yang kecil, ” imbuhnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Yitno T, S.T M.M mengatakan dirinya memohon dukungan dari masyarakat, khusunya dari perguruan pencak silat dalam rangka menjaga keamanan di Kabupaten Lumajang, dengan moto guyub, peduli dan aman. 


“Kami akan melaksanakan silaturahmi berkelanjutan bersama Polres Lumajang dalam rangka menjaga keamanan sehingga Kabupaten Lumajang tercipta situasi yang aman kondusif,” ucap Dandim.


Dandim juga menambahkan di bulan Agustus mendatang rencananya akan menggelar kejuaraan pencak silat Dandim Cup. 


" Mohon doanya dan sudah kami rencana perkiraan di bulan Agustus kami akan menggelar kejuaraan pencak silat dandim cup,"  Tambahnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai oleh Ketua IPSI Kabupaten Lumajang, Eka Tri Oktavia, S. Pd, dan ngobrol santai sebagai upaya diskusi jaga kamtibmas. 


Disisi lain Eka mengatakan agar seluruh Perguruan silat di bawah naungan IPSI terus bersama-sama menjalin kebersamaan guna tercipta Lumajang kondusif. 


™Keberadaan beraneka ragam Perguruan silat di Lumajang, mari jadikan hal ini sebagai wujud kebersamaan dan keguyuban, sehingga Lumajang guyub rukun, aman dan damai," Jelas Eka. 


Kedepan IPSI, bersama Polres Lumajang dan instansi terkait juga akan melakukan anjangsana ke masing-masing Perguruan silat, sebagai wujud kebersamaan pencak silat. 


"Mohon doanya semua agenda IPSI  Lumajang bersama Polres Lumajang, Kodim dan instansi bisa terlaksana dengan baik, termasuk rencana kirab 1000 pendekar juga bisa di gelar," Imbuhnya. (Fz).