PDIP Belum umumkan nama Capres 2024 disebut sengaja buat Parpol lain bingung -->

Breaking news

Live
Loading...

PDIP Belum umumkan nama Capres 2024 disebut sengaja buat Parpol lain bingung

Monday, 16 January 2023

dok. istimewa (16/1) PDIP  sedang menunggu langkah atau manuver parpol lain dalam membuka kartu capresnya.


Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dianggap miliki banyak kartu yang bisa dimainkan jelang Pilpres 2024. Meski begitu, Mega enggan terburu-buru mendeklarasikan figur nama capres.


Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo. Sebagaimana diketahui, Ketum PDIP masih belum ungkap nama capres di perayaan HUT partainya yang ke-50.

"Bu Mega punya banyak kartu yang bisa dimainkan. Selain itu, PDIP juga bisa mencalonkan presiden sendirian tanpa berkoalisi," ujar Kunto kepada GenPI.co, Sabtu (15/1).


Menurut Kunto, Megawati sedang menunggu langkah atau manuver parpol lain dalam membuka kartu capresnya. "Jadi, mungkin Megawati sedang biarkan yang lain memperlihatkan kartunya sedikit demi sedikit. Lagi pula, parpol lain juga menunggu PDIP," tuturnya.


Dengan demikian, menurut Kunto, PDIP akan mengeruk keuntungan dari sikap Megawati tersebut. Salah satunya ialah membuat koalisi parpol lain kebingungan.


"PDIP bisa memberikan ketidakpastian politik sehingga bisa bergerak melalui mesin politknya di bawah untuk melakukan konsolidasi," kata dia.


Selain itu, menurutnya, PDIP bisa santai-santai sambil menonton parpol lain bertengkar atau saling menghancurkan dalam mencalonkan capres dan cawapres.


"Dengan begitu, PDIP bisa dengan santai membolak-balik konfigurasi koalisi yang sudah ada karena dia punya kartu penting," ujar Kunto. (dw/*)