RI kirim bantuan kemanusian untuk Turki -->

Breaking news

Live
Loading...

RI kirim bantuan kemanusian untuk Turki

Saturday 11 February 2023

dok. istimewa (11/2) Didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Turki.


Jakarta - Pemerintah RI resmi mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk membantu korban terdampak gempa di Turki. Bantuan diberangkatkan pagi ini dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
Bantuan itu dilepas secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.


Pada pelepasan itu, Muhadjir didampingi oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.


Terpantau di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (11/2/2023) upacara dimulai sekitar pukul 09.08 WIB. Kondisi cuaca yang diguyur hujan deras menyebabkan upacara pelepasan dilakukan di lorong apron depan Pandawa Lanud Halim Perdanakusuma.


Puluhan personel yang akan diberangkatkan berbaris dengan dengan rapi lengkap dengan pakaian dinasnya. Sebanyak 62 personel yang diberangkatkan hari ini.


"Bapak Presiden RI memberikan arahan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak mengingat hubungan diplomatik Indonesia dan Turki yang sudah berlangsung sejak lama," kata Muhadjir Effendy dalam sambutannya.

"Oleh karena itu, didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Turki sehingga Pemerintah Indonesia bermaksud memberikan bantuan berupa Emergency Medical Team (EMT), Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR), kebutuhan logistik dan peralatan serta bantuan lainnya yang akan dikirimkan secara bertahap," tambahnya.


Ia menuturkan tim penyelamat akan diberangkatkan dengan dua pesawat. Di mana pesawat itu memuat bantuan logistik dari pemerintah.


"Tim akan diberangkatkan pesawat Hercules C 137 dan Boeing 737. Total team yang diberangkatkan 62 orang dengan rincian 47 personel Basarnas, 15 orang dari BNPB," jelasnya. (dw/*)