Sempat buron akhirnya Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditangkap bersama penghubung -->

Breaking news

Live
Loading...

Sempat buron akhirnya Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditangkap bersama penghubung

Monday 20 February 2023

dok. ist (20/2) Ricky turun dari ruang pemeriksaan penyidik pada pukul 18.49 WIB. Dia tampak mengenakan baju tahanan KPK berwarna oranye.


Jakarta - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus suap. Ricky kini telah resmi ditahan KPK.Tangan Ricky pun telah diikat borgol. Dikawal sejumlah penyidik, Ricky lalu dibawa ke ruang konferensi pers untuk ditampilkan ke publik.


Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Ricky ditangkap di Abepura, Papua, pada Minggu (19/2) sekitar pukul 16.30 WIB. Sembilan puluh menit sebelum penangkapan Ricky, sosok penghubung Ricky juga ikut ditangkap.

"Sekira pukul 15.00 WIT dilakukan penangkapan terhadap penghubung RHP," kata Firli kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

KPK belum memerinci identitas sosok penghubung kepada Ricky tersebut. Namun, tidak lama sosok penghubung itu ditangkap, tim penyidik KPK berhasil menangkap Ricky di tempat persembunyiannya.


"Berdasarkan informasi yang didapat tentang keberadaan RHP, tempat yang diduga persembunyian RHP di Abepura. Sekira pukul 16.30 WIT RHP bisa diamankan dan langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua," katanya.


Ricky Ham Pagawak sempat kabur ke Papua Nugini saat akan ditangkap tim penyidik KPK pada Juli 2022. Ricky lalu kembali ke wilayah Indonesia awal tahun ini.


Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan Ricky tinggal di sebuah rumah persembunyian selama kembali dari masa pelarian di Papua Nugini. Selama tinggal di rumah persembunyian, Ricky berkomunikasi dengan sosok yang berperan sebagai 'penghubung'.


"Keberadaan RHP di Indonesia menggunakan rumah persembunyian. Komunikasi dari tempat persembunyian ke rumah yang bersangkutan melalui penghubung," katanya.

Menurut Ghufron, penangkapan Ricky berawal dari penyelidikan sosok penghubung tersebut. KPK menangkap sosok penghubung itu terlebih dahulu hingga berhasil menemukan rumah persembunyian Ricky.


"Dari awal kami menargetkan untuk menangkap penghubung tersebut dan pada tanggal 17 Februari kami memberangkatkan tim untuk membuntuti dan selanjutnya menangkap penghubung tersebut," jelas Ghufron.


Sosok penghubung Ricky itu berhasil ditangkap pada Sabtu (18/2) sore. Dari penangkapan tersebut tim penyidik lalu menemukan Ricky di rumah persembunyiannya pada Minggu (19/2).


Ricky Ham diduga menerima suap terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah. KPK menduga Ricky Ham menerima suap hingga Rp 24,5 miliar dari tiga kontraktor proyek. (dw/**)