Kepadatan di jalur Gentong Tasikmalaya, Polisi lakukan sistem Satu arah -->

Breaking news

Live
Loading...

Kepadatan di jalur Gentong Tasikmalaya, Polisi lakukan sistem Satu arah

Wednesday 26 April 2023

dok. istimewa (26/4) Sejumlah personel terus berupaya mengatur dan mengurai arus lalu lintas kendaraan agar tetap bergerak di jalur nasional Lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya.


Tasikmalaya - Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota memberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, (25/4).


Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota Ajun Komisaris Besar Polisi S.Y. Zainal Abidin mengatakan sejumlah personel terus berupaya mengatur dan mengurai arus lalu lintas kendaraan agar tetap bergerak di jalur nasional Lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya.


"Kami beserta anggota melakukan penguraian kepadatan dari Pos Pamoyanan sampai Lingkar Gentong agar lalu lintas tetap berjalan lancar," katanya.


Ia menyampaikan penerapan satu arah yang dilakukan situasional selama 30 menit itu cukup efektif mengurai kepadatan arus kendaraan sehingga tidak terjadi kemacetan di jalur nasional itu.


"Kemacetan berhasil kami urai dan arus lalu lintas berjalan normal kembali meskipun ramai akan pengendara," katanya.


Zainal mengatakan arus balik sudah terpantau meningkat dari arah Tasikmalaya menuju Garut-Bandung karena sebagian masyarakat ada yang sudah mulai masuk kerja pada 26 April 2023.


Untuk mengantisipasi kepadatan saat arus balik itu, kata dia, maka jajarannya melakukan koordinasi dengan Pos Limbangan wilayah Polres Garut untuk memberlakukan satu arah dengan menarik laju kendaraan dari arah Tasikmalaya.


"Koordinasi dengan Polres Garut yang ada di Pos Limbangan agar dapat diterapkan satu arah," katanya.


Ia mengimbau pengendara roda dua maupun empat tetap menjaga keselamatan, selalu waspada, dan tertib agar perjalanan lancar sampai tujuan.


Jika merasakan lelah atau mengantuk, Kapolres menyarankan agar secepatnya beristirahat di tempat istirahat yang sudah disiapkan di sepanjang jalur utama di Tasikmalaya.


"Mengimbau kepada pengendara, perhatikan kondisi kendaraannya sebelum berangkat, kondisi prima, kondisi fisik saat mengemudi kendaraan, jika lelah silakan manfaatkan rest area untuk beristirahat sejenak," kata Kapolres.


Pelayanan lainnya untuk pengguna jalan di Gentong, yakni dengan menerjunkan sejumlah personel Polwan untuk membagikan air minum dan menawarkan fasilitas istirahat kepada pengguna jalan.


"Untuk menghilangkan rasa jenuh bagi pengendara yang terjebak macet di sini, kami berikan minuman," kata Zainal. (dw/**)