Pesan Mahfud MD keseluruhan Satgas Saber Pungli -->

Breaking news

Live
Loading...

Pesan Mahfud MD keseluruhan Satgas Saber Pungli

Thursday 6 April 2023

Dok. Istimewa (6/4) Pesan Menko Polhukam Pada Anggota Satgas Saber Pungli: Jalankan Tugas Dengan Tanggungjawab, Tegas, Efektif dan Efisien.


Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD berpesan kepada seluruh anggota Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) untuk menjalankan tugas dengan tanggungjawab, tegas, terpadu, efektif dan efesien. Satgas Saber Pungli harus melakukan sapu bersih pada semua wilayah tingkatan pemerintahan dan pelayanan publik, termasuk menyasar area publik sehingga tidak lagi terjadi praktek pungli yang meresahkan masyarakat. 


Demikian disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan amanat pada Pelantikan Ketua Satgas Saber Pungli Komjen Pol. Ahmad Dofiri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/3/2023). Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I Satgas Saber Pungli Tomsi Tohir Balaw, Wakil Ketua II Satgas Saber Pungli Ali Mukartono, Sekretaris Satgas Saber Pungli Andry Wibowo, Sesmenko Polhukam Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, para Deputi di Kemenko Polhukam, dan para Koordinator Pokja Satgas Saber Pungli. 


Menko menyampaikan bahwa dalam pemberantasan pungli harus diikuti dengan komitmen kuat dari seluruh pihak, yang dalam implementasinya tentu membutuhkan koordinasi, supervisi dan monitoring yang baik. Sehingga upaya pemberantasan pungli senantiasa berjalan dalam koridornya. “Agar pungli bisa dihapuskan di area-area pelayanan publik dan kantor-kantor pemerintahan. Jangan sampai sesudah dibersihkan di satu tempat ada tempat yang lain. Dan jangan sampai juga yang kena pungli ini hanya karena apes saja,” kata Mahfud MD.


Mantan Ketua Mahkaman Konstitusi ini menegaskan, dalam pemberantasan pungli juga harus terdapat integrasi antara pencegahan dan penindakan. Menurutnya, upaya pemberantasan pungli akan sia-sia apabila hanya dilakukan penindakan saja. 


“Harus kita pahami bersama, tindakan preventiflah yang akan menjadi kuncinya. Untuk itu, saya ingatkan kepada seluruh anggota Satgas Saber Pungli untuk selalu cermat dalam melaksanakan kegiatan pencegahan agar tepat sasaran seperti melaksanakan sosialisasi ke tempat-tempat pelayana publik,” kata Mahfud MD. 


Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam mengapresiasi tugas Ketua Satgas Saber Pungli sebelumnya yang dipimpin oleh Komjen Pol. Agung Budi Maryoto. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana sebelumnya harus menjadi acuan bagi Ketua yang baru dalam melaksanakan tugas-tugas pemberantasan pungutan liar. 


“Sebagaimana kita ketahui bahwa kinerja Satgas Saber Pungli dihadapkan pada tantangan tugas yang demikian kompleks, antara lain pencegahan dan penanganan pungli. Selama kepemimpinan Bapak Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, tidak dapat dipungkiri telah dapat ditangani dengan baik,” kata Mahfud MD. ***