Jelang pemilu 2024: fenomena politikus berpindah partai, ada mantan Prabowo -->

Breaking news

Live
Loading...

Jelang pemilu 2024: fenomena politikus berpindah partai, ada mantan Prabowo

Wednesday 17 May 2023

Dok. Istimewa (17/5) Fenomena politikus berpindah partai ini tampak saat proses pendaftaran bakal calon legislatif dimulai. Tampak beberapa nama politikus dalam daftar.


Jakarta - Fenomena politikus berpindah partai politik kembali marak menjelang Pemilu 2024. Beberapa politik berpindah 'kapal' untuk bisa lolos sebagai anggota legislatif..


Fenomena politikus berpindah partai ini tampak saat proses pendaftaran bakal calon legislatif dimulai. Tampak beberapa nama politikus dalam daftar ini.


Adapun beberapa nama itu seperti Eva Sundari, Dedi Mulyadi hingga Titiek Soeharto. Dirangkum detikcom, Selasa (16/5/2023) berikut ini daftar politikus berpindah partai jelang Pemilu 2024.


1. Eva Sundari
Politikus Eva Kusuma Sundari memutuskan hengkang dari PDI Perjuangan (PDIP) ke Partai NasDem.


Eva diketahui merupakan mantan anggota DPR RI PDIP 2014-2019 dan terakhir pada 2019, Eva maju caleg DPR RI dari PDIP di Dapil Jawa Timur VI (Kabupaten-Kota Kediri, Kabupaten-Kota Blitar, Tulungagung).


Kini, Eva Sundari telah berpindah partai. Ia maju sebagai bacaleg NasDem dari dapil Jawa Timur (Jatim).


2. Dedi Mulyadi
Selanjutnya ada Dedi Mulyadi yang pindah dari Golkar ke Gerindra. Dia akan maju sebagai calon legislatif (caleg) Gerindra pada Pemilu 2024.


Dedi Mulyadi diketahui mundur dari Golkar dan DPR lewat surat pengunduran diri yang beredar di kalangan wartawan, Rabu (11/5). Saat ini Dedi sudah terdaftar sebagai caleg Golkar meskipun maju sebagai caleg Gerindra.


Terkait hal ini, Golkar masih menunggu klarifikasi dari Dedi Mulyadi dan keputusan KPU.


3. Surya Tjandra
Kemudian ada Surya Tjandra yang berpindah dari PSI ke NasDem. Surya Tjandra pernah menjadi caleg DPR-RI pada 2019 dari Dapil Jawa Timur 5. Namun saat itu, Surya Tjandra gagal lolos ke Senayan.


Surya Tjandra sempat menjadi Wamen BPR/ATR periode 2019-2022. Pada Oktober 2023, Surya Tjandra memutuskan hengkang dari PSI. Surya Tjandra kini terdaftar sebagai bacaleg NasDem dari Dapil Jakarta.


4. Titiek Soeharto
Siti Hediati Heriyadi alias Titiek Soharto bakal maju kembali sebagai calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2024. Kini, Titiek maju melalui Partai Gerindra yang merupakan partai mantan suaminya yakni, Prabowo Subianto.


Untuk diketahui, pada 2018 atau setahun sebelum masa keanggotaan DPR RI-nya berakhir Titiek memutuskan mundur dari anggota DPR RI Fraksi Golkar untuk bergabung dengan Partai Berkarya milik adiknya Tommy Soeharto.


Selama di Partai Berkarya, Titiek maju sebagai caleg DPR RI Pileg 2019-2024 dari Dapil DIY. Sayangnya, Titiek Soeharto gagal melenggang ke Senayan saat bersama Partai Berkarya.


Titiek pun memutuskan hengkang ke Gerindra. Titiek akan maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil DIY.. (de/*)