Muhammad Ali bersama Moh Ramdhan Pomanto tinjau latihan persiapan pelaksanaan MNEK 2023 -->

Breaking news

Live
Loading...

Muhammad Ali bersama Moh Ramdhan Pomanto tinjau latihan persiapan pelaksanaan MNEK 2023

Saturday 3 June 2023

Dok. Istimewa (3/6) Kasal dan Wali Kota Makassar tinjau lokasi persiapan jelang MNEK 2023.


Makassar - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau lokasi pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 serta menyaksikan latihan para prajurit TNI AL dan AU.


Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya melakukan persiapan demi persiapan untuk menyambut para tentara AL dari 36 negara sahabat.


"Persiapan demi persiapan telah kami lakukan dan koordinasi kami dengan pihak Lantamal VI itu sangat intens," ujarnya.


Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa semua persiapan selama ini sudah 99 persen, termasuk peresmian tugu MNEK serta kegiatan tambahan pembuatan kapal pinisi secara langsung.


Beberapa rangkaian kegiatan MNEK 2023 di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), yakni pembuatan 2 unit kapal legendaris pinisi yang merupakan warisan budaya dunia.


Pembuatan kapal pinisi itu oleh tenaga terampil langsung dari daerah asalnya (Bulukumba) dan akan disiarkan secara langsung.


Konsep itu dia paparkan di hadapan Komandan Guspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Edi Haryanto selaku Dansatgas MNEK 2023.


"Kami buat spektator, jadi nanti kalau para jenderal mau lihat pembuatan kapal pinisi itu bisa. Jadi, kami buat spektatornya," ucap Danny Pomanto.


Danny juga menginstruksikan Dinas PU Makassar menjaga perairan Losari sehingga tidak terjadi pendangkalan agar kapal lebih leluasa berlayar.


"Percepat itu karena event ini 'kan tinggal sebentar. Kami juga suruh gali biar pinisi bisa sandar di sini," ujar Danny Pomanto.


Pembenahan lainnya berupa pembersihan areal pantai yang akan menjadi lokasi pelaksanaan MNEK 2023 di Selat Makassar hingga dermaga Hatta, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. (SE/*)