Pembangunan Drainase Di Ruas Jalan Tempeh-Gesang Diduga Kontraktor Abaikan K3 -->

Breaking news

Live
Loading...

Pembangunan Drainase Di Ruas Jalan Tempeh-Gesang Diduga Kontraktor Abaikan K3

dok. istimewa (17/8) Adukan Campuran Tidak Pakai Molen Kinerja PUTR Dipertanyakan yg Publik 


Lumajang - Berawal dari pengaduan masyarakat terkait pekerjaan pembangunan Drainase di ruas jalan Tempeh_ Gesang dimana kontraktor dalam memperkerjakan pekerjanya di duga abaikan K3, selain itu untuk adukkan campuran tidak pakai molen,kotaknya tidak di pakai sehingga kwalitas bagunan patut di pertanyakan, 16 Agustus 2023.


 " Menurut sekretar Forji (forum jurnalis independen) saat di konfirmasi awak media menyampaikan Pemerintah khususnya putr kabupaten Lumajang bagaimana pengawasannya,harusnya memastikan akan memberi sanksi yang tegas kepada kontraktor yang terbukti lalai dalam menerapkan keselamatan kerja pada pekerjanya.


“Sanksi yang dimaksud tertuang dalam UU Jasa Konstruksi,” yaitu 


Pasal 96 UU Jasa Konstruksi menyebutkan bahwa setiap penyedia jasa dan/atau pengguna Jasa yang tidak memenuhi standar keamanan, keselamatan, kesehatan, dan  keberlanjutan dalam penyelenggaraan jasa konstruksi dapat dikenai sanksi administratif berupa peringatan tertulis, denda administratif, penghentian sementara konstruksi/ kegiatan layanan jasa, pencantuman dalam daftar hitam, pembekuan izin, dan/atau pencabutan izin.


" Masih menurut narasumber yang sama mengatakan bahwa audit dan sanksi dapat menjadi solusi agar kontraktor kembali mengevaluasi kompetensi sumber daya manusia yang sebagian besar ditempatkan untuk mengerjakan sejumlah proyek berisiko.


 " Selain itu adukan harus pakai molen, kotak ( ukuran pasir) harusnya dipakai sehingga kwalitas bagunan bisa di pertanggung jawabkan, karena tidak pakai molen yang jelas campuran tidak akan merata.


" Sementara menurut Yusniar selaku yang punya CV. Sandang Pangan saat konfirmasi via WhatsAppnya pada hari Selasa 15/8/23 menyampaikan bahwa pada hari Jumat pakai molen mas...sabtu sekali adukan langsung rusak, Senin gak boleh masang Sama pptknya, aku ancen tipes mas..mambengi periksa.. gak nang lapangan..opo jare ponakanku nang kunu, yang jelas Senin molen wes aktif mane tandasnya.


" Sementara menurut warga yang ada di sekitar proyek tersebut menyampaikan bahwa mulai hari Jum,at molennya memang tidak dipakai tegasnya.Bersambung (Amri/tim)