PKS sebut IKN tetap Jakarta, Golkar selesaikan yang sudah dimulai -->

Breaking news

Live
Loading...

PKS sebut IKN tetap Jakarta, Golkar selesaikan yang sudah dimulai

Sunday 26 November 2023

dok. istimewa (26/11) Progress itu maju ke depan, menyelesaikan yang sudah dimulai.


Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan ibu kota negara (IKN) tetap Jakarta jika PKS menang Pemilu 2024. Golkar meminta semua pihak fokus ke kemajuan pembangunan.


"Saya rasa kita lebih baik fokus kepada hal yang berkaitan dengan kemajuan pembangunan dan kelanjutan demi meningkatkan kemampuan bangsa," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, kepada wartawan, Minggu (26/11/2023).


Dave lalu bicara soal progres. Ia mengingatkan untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai.


"Progress itu maju ke depan, menyelesaikan yang sudah dimulai, menyempurnakan yang sudah berjalan," tuturnya.


Deputi Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani juga menanggapi PKS. Ia menghormati pandangan PKS yang menurutnya konsisten sejak awal terkait IKN.


"Secara garis besar, pada prosesnya polemik terkait IKN ini terbagi atas tiga kutub yaitu kelompok yang menerima, yang menolak, dan kelompok tengah yaitu kelompok yang menerima dengan syarat. PKS merupakan kelompok yang menolak, sementara Partai Demokrat termasuk kelompok tengah. Namun karena telah menjadi UU maka polemik ini kami nilai tak lagi relevan," sambungnya.


"Jika kemudian PKS masih terus mempresentasikan ini sebagai ikhtiar perjuangan politik, wajar-wajar saja," katanya.


Menurutnya, masih terbuka jalan untuk melakukan revisi atas UU tersebut jika didukung kekuatan mayoritas di parlemen dan atau pemerintah ke depan melakukan peninjauan ulang melalui revisi UU atau Perppu.


"Dengan telah terbangunnya sejumlah infrastruktur di IKN, tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Semuanya mesti dikalkulasi secara cermat dan seksama," ucap Kamhar.


Sebelumnya, Sohibul mengatakan janji PKS sangat mudah ditafsirkan oleh masyarakat. Dia mengatakan PKS menilai ibu kota tidak perlu pindah ke Nusantara.


"Ini walaupun secara warning agak panjang, tetapi substansinya straight forward orang tidak perlu menafsirkan apapun. Dengan kalimat ini, artinya ibu kota negara tidak pindah ke Nusantara, tetap di Jakarta," kata Sohibul di rapimnas kampanye nasional 2024, Depok.


Dia mengatakan ibu kota tetap di Jakarta merupakan gagasan unggulan dari PKS. Dia mengatakan PKS sejak awal menolak pengesahan RUU IKN menjadi undang-undang.


"Kampanye gagasan unggulan dari PKS karena memang PKS sudah dari awal menolak tentang RUU IKN dan sekarang kita sampaikan kepada masyarakat," ucapnya. (DW/*)