Firli Bahuri penuhi panggilan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik di gedung Dewas KPK -->

Breaking news

Live
Loading...

Firli Bahuri penuhi panggilan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik di gedung Dewas KPK

Tuesday 5 December 2023

Dok. Istimewa Selasa (5/12/2023), Firli tiba pukul 09.37 WIB di gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan. Firli tampak mengenakan kemeja biru muda.


Jakarta - Firli Bahuri memenuhi panggilan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli terlihat dikawal, tapi pengawalnya tidak sebanyak saat menghadiri pemeriksaan sebelumnya.

Firli tidak banyak bicara. Dia hanya mengatakan datang memenuhi panggilan Dewas KPK.


"Saya datang memenuhi panggilan Dewas nanti saya sampaikan setelah itu," kata Firli.


Firli terlihat dikawal empat orang. Orang-orang yang mengawal Firli itu terlihat menumpangi mobil yang berbeda dengan Firli.

Sebelumnya, Firli mendapat pengawalan ketat saat diperiksa di Dewas KPK pada 20 November 2023. Saat itu, setidaknya ada enam orang yang mengawal Firli saat keluar dari gedung Dewas KPK.

Diketahui, proses pemeriksaan dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo masih bergulir. Dewas KPK kembali memeriksa Firli hari ini.

Klarifikasi hari ini merupakan kali kedua bagi Firli diperiksa Dewas KPK terkait pertemuan dengan SYL. Sejauh ini 30 saksi telah diperiksa Dewas KPK terkait pertemuan Firli dengan SYL.

Saat ini Firli telah diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK usai ditetapkan tersangka kasus pemerasan kepada SYL. Surat pemberhentian sementara Firli ditandatangani Jokowi sejak Jumat (28/11).

KPK kemudian menghentikan sejumlah fasilitas yang selama ini diterima Firli, salah satunya ialah pengawalan. KPK juga mencabut akses khusus kantor Firli. (Dw/*)