KPK akan buat forum gagasan pemberantasan korupsi, Anies Baswedan selalu siap -->

Breaking news

Live
Loading...

KPK akan buat forum gagasan pemberantasan korupsi, Anies Baswedan selalu siap

Friday 15 December 2023

Dok. Istimewa (15/12)
Anies Baswedan: Kalau undangan untuk berbagi pandangan, berbagi gagasan selama ini selalu siap.


Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membuat forum khusus untuk capres beradu gagasan soal pemberantasan korupsi. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyatakan siap hadir untuk berbagi gagasan.


"Kalau undangan untuk berbagi pandangan, berbagi gagasan selama ini selalu siap," kata Anies menjawab pertanyaan wartawan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan selalu memenuhi undangan yang diberikan kepadannya. Terlebih, kata dia, jika yang mengundang adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


"Boleh dicek aja, ada undangan yang kita nggak datang? Selalu datang. Apalagi kalau yang mengundang adalah KPK," ucapnya.


Lebih jauh, Anies menuturkan dengan digelarnya debat itu masyarakat dapat melihat komitmen para peserta capres dalam memberantas korupsi. Dia juga mengatakan agar pimpinan KPK taat hukum dan kode etik yang berlaku.


"Kami berharap dengan begitu pimpinan KPK berkomitmen menjunjung tinggi etika, jangan sampai pimpinan KPK tidak menjunjung tinggi etika. Bukan hanya taat hukum taat kode etik," ucapnya.


"Dan kalau ada debat itu saya harap jadi kesempatan untuk masyarakat memberikan penilaian atas para calon terkait pemberantasan korupsi," pungkasnya.


Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkap KPK akan membuat forum khusus untuk calon presiden (capres) yang bertarung di Pilpres 2024. KPK akan menyelenggarakan adu gagasan pemberantasan korupsi.


"Kita akan mengundang, kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi," kata Nurul Ghufron kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (14/12).


Ghufron menerangkan KPK akan mengawal secara serius terkait gagasan isu antikorupsi yang disampaikan tiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Ghufron menyebut acara adu gagasan ini kemungkinan akan digelar di Januari 2024.


"Jadi KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi," katanya.


"KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi, kita akan mengundang di sekitar awal atau pun pertengahan Januari," tambahnya. (Dw/*)