Pastikan aman dan lancar Polda Banten terjunkan sebanyak 1.364 personel pengamanan operasi lilin maung 2023 -->

Breaking news

Live
Loading...

Pastikan aman dan lancar Polda Banten terjunkan sebanyak 1.364 personel pengamanan operasi lilin maung 2023

Friday 22 December 2023

Pengamanan natal dan tahun baru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, dok. Istimewa (22/12)


Serang - Polda Banten menerjukan 1.364 personel untuk melakukan pengamanan operasi lilin maung 2023 selama perayaan natal dan tahun baru 2024.


Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan pengamanan natal dan tahun baru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar sebagaimana penekanan dari Presiden Joko Widodo.


"Pengamanan ini merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan aman, nyaman dan lancar karena apapun tetap harus direncanakan dan dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan serta distribusi bahan pokok," katanya.


Abdul menyampaikan bahwa potensi pergerakan masyarakat pada momen natal 2023  dan menyambut tahun baru 2024 meningkat signifikan hal ini berdasarkan survei Kemenhub RI


"Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.


Selain itu, kata Abdul, perayaan natal dan tahun baru tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024, sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.


Sementara itu Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono, mengatakan bahwa sebanyak 1.364 personel dilibatkan dalam Operasi Lilin Maung 2023 di wilayah hukum Polda Banten, yang akan berlangsung selama 12 hari mulai dari tanggal 22 Desember sampai tanggal 2 Januari 2024.


“Operasi Lilin Maung tahun ini berbeda karena bertepatan dengan operasi Mantap Brata terkait Pemilu 2024 yang tentunya tingkat kerawanan berbeda.


Selain mengamankan tahapan-tahapan Pemilu, kita juga mengamankan kegiatan ibadah dan Tahun Baru  2024,” ujar Dedy Suhartono.


Ribuan personel Gabungan Operasi Lilin Maung 2023, akan dibagi untuk menepati 46 Pos keamanan terbagi di jalur tol, jalur arteri sampai dengan tempat-tempat wisata di wilayah hukum Polda Banten.


“Kalau titik paling vital di Banten adalah di penyeberangan pulau Jawa dan Sumatera yaitu di Pelabuhan Merak. Kita sudah melakukan antisipasi dengan memberikan pos sejumlah 30 pos jalur mulai dari Anyer sampai dengan Ujung Kulon Carita termasuk juga di wilayah-wilayah perkotaan,” jelasnya.


Terakhir pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan Natal dan tahun baru apabila meninggalkan rumah harus dicek kembali.


“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan Natal dan tahun baru apabila meninggalkan rumah harus dicek kembali, pastikan terkunci dengan aman, selalu tertib berlalu lintas dan memanfaatkan pos-pos kami yang telah tersedia apabila ada apa kendala," tutupnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif beserta seluruh Pejabat Utama Polda Banten, Danrem 064/MY, KA BNN Provinsi Banten,Ketua DPRD Provinsi Banten, Kajati Banten, dan segenap unsur Forkopimda lainnya. (DW/*)