Anggota Polantas Bogor kota gagalkan begal perampasan mobil -->

Breaking news

Live
Loading...

Anggota Polantas Bogor kota gagalkan begal perampasan mobil

Tuesday 16 January 2024

dok. Istimewa (15/1) Pria yang menjabat sebagai Kasubnit Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota ini sempat menyebutkan dirinya anggota polisi, agar pelaku menyerahkan diri.


Bogor - Polisi Lalulintas (Polantas) Polresta Bogor Kota menggagalkan aksi perampasan mobil dan mengamankan pelaku bersenjata golok di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor. Kasubnit Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota Ipda Subandi menceritakan detik-detik ia berduel hingga amankan pelaku.


"Ketika itu saya memberanikan diri menangkap dia (pelaku,red), karena ini, saya punya teknik sedikit terkait sajam yang dipegang sama seseorang ada tekniknya, saya memberanikan diri," kata Subandi dihubungi wartawan, Minggu (14/1/2023).


Pria yang menjabat sebagai Kasubnit Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota ini sempat menyebutkan dirinya anggota polisi, agar pelaku menyerahkan diri. Namun pelaku malah menyerang dengan golok, sehingga Subandi yang memiliki kemampuan teknik melumpuhkan orang bersenjata tajam meringkusnya tanpa terluka.


"Duel sengit sih tidak. Saya bilang 'saya polisi, saya polisi, saya amankan dulu senjata tajamnya'. Tetapi dia tidak menghiraukan saya, jadi saya menindak tegas tapi terukur gitu, saya menghindari senjata itu, saya pitting dia, saya pukul tangannya terus senjatanya pun jatuh," kata Subandi.


"Alhamdulillah saya ngga apa-apa, masih diberi keselamatan oleh gusti Allah. Saya menghindar. Jadi dia sempat sabetin goloknya, kalau saya ngga menghindar saya pasti kena juga. Ya bahasanya kita pitting lah, ya pokoknya SOP penanganan orang membawa sajam, SOP di silat Polri, gitu," imbuhnya.


Subandi mengatakan, pelaku sempat melukai korban perampasan di bagian pelipisnya. Pelaku juga sempat memecahkan kaca dan mengambil kunci mobil milik korban.


"Awalnya saya pikir hanya berantem biasa, hanya salah paham biasa, tapi setelah saya lihat di TKP itu ada mobil dihancurkan kaca mobilnya, kunci mobil dibawa kabur sama teman pelaku. Kondisi korban luka di pelipis sebelah kanan, luka sayatan juga " kata Subandi.


"Betul, satu orang (yang diamankan). Barangbuktinya pisau panjang yang bergerigi gitu, kaya sudah dimodif dan berkarat. Panjang (golok) sekitar 30 centimeter," imbuhnya.


Sebelumnya diberitakan, Anggota Satlantas Polresta Bogor Kota menggagalkan aksi perampasan mobil di Jl Sholeh Iskandar, Tanahsareal, Kota Bogor. Satu pelaku berhasil ditangkap dengan barang bukti golok bergerigi.


"Betul. Pelaku berjumlah tiga orang, ya g berhasil diamankan satu orang," kata Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria dalam keterangannya, Minggu (14/1/2024).


Ipda Subandi yang menjabat sebagai Kasubnit Gakkumdu Satlantas Polresta Bogor Kota sempat berduel dengan pelaku. Pelaku yang memegang golok bergerigi berhasil dilumpuhkan dan diserahkan ke Satreskrim Polresta Bogor Kota.


"Tersangka dengan dua teman lainnya hendak kabur, kemudian dikejar. Tersangka sempat mengacungkan sajam ke petugas (Ipda Subandi), melawan, sempat terjadi duel, dengan sigap Personel Sat Lantas berhasil melumpuhkan orang tersebut," ungkap Galih. (Dw/*)