Kerjakan sekarang? Keutamaan khusus di bulan Rajab -->

Breaking news

Live
Loading...

Kerjakan sekarang? Keutamaan khusus di bulan Rajab

Sunday 14 January 2024

Dok. Anak-anak sedang mengaji (14/1). Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan menjauhi larangan-Nya di bulan Rajab ini.


Banten - Allah SWT memberikan keistimewaan dan keutamaan khusus di bulan Rajab. Allah SWT memberikan ganjaran dengan melipatgandakan amalan yang dilakukan di Bulan Rajab. Namun sebaliknya, perbuatan maksiat yang akan dilipatgandakan dosanya.


Dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah berfirman bahwa dalam 12 bulan yang telah ditetapkan dalam kitabnya, Allah memberikan keistimewaan pada 4 bulan sebagai bulan yang diagungkan.



Bulan haram yakni bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Di bulan-bulan haram ini, muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan baik. Di bulan haram ini juga juga umat muslim dilarang melakukan peperangan maupun perbuatan haram lainnya.


Jadwal Bulan Rajab 1445/2024

Kapan sebenarnya bulan Rajab 1445 H/ 2024 mulai? Ini penting untuk diketahui agar kita tidak melewatkan kesempatan memperoleh pahala yang besar di bulan Rajab ini.


Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah yang dirilis Kemenag RI, 1 Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024 dan akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024.


Pergantian tanggal dalam kalender Hijriah terjadi saat terbenamnya matahari. Umat muslim bisa mulai melaksanakan menunaikan amalan Rajab sejak 12 Januari 2024 malam.


Ganjaran pahala dan dosa yang berlipat akan mulai sejak masuknya bulan Rajab ini. Karena itu sebaiknya umat muslim menyadari segala perbuatannya, agar jangan sampai menyesal.


Keutamaan Bulan Rajab

Sebelum mengetahui, larangan apa saja di bulan Rajab ini, ada baiknya kita mengetahui keutamaan dari bulan Rajab.


1. Waktu Mustajab untuk Berdoa


Dilansir dari situs resmi NU, salah satu keutamaan bulan Rajab bahwa malam satu Rajab adalah salah satu malam yang mustajab untuk berdoa. Seperti yang ditegaskan oleh Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm sebagai berikut:


بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ


Artinya: Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban.


2. Dianjurkan Memperbanyak Ibadah


Salah satu ibadah yang dianjurkan pada bulan Rajab yaitu berpuasa seperti halnya juga disunahkan untuk memperbanyak puasa di 3 bulan haram yang lain, Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram.


Tidak ada hadits shahih yang secara khusus menyatakan kesunahan puasa Rajab. Namun tak ada larangan untuk berpuasa di bulan Rajab seperti dalam hadist berikut ini.


Dari Utsman bin Hakim al-Anshari bahwa ia berkata: Saya bertanya kepada sahabat Sa'id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab: Saya telah mendengar Ibnu Abbas Radliyallahu 'Anhuma berkata: Dulu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa.


3. Termasuk Bulan Mulia


Keutamaan bulan Rajab termaktub dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36. Allah SWT berfirman,


اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦


Artinya: "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."


4. Terjadinya Isra' Mi'raj


Dilansir detikHikmah, peristiwa Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Rasulullah SAW berlangsung pada tanggal 27 Rajab tahun kesepuluh kenabian. Tepatnya, sebelum beliau hijrah ke Madinah.


"Isra Mi'raj terjadi pada tahun 621 M, atau tahun 10/11 dari kenabian (Bi'tsah). Jumhur ulama menyebutkan tanggalnya adalah malam Jumat tanggal 27 Rajab," tulis buku Di Balik 7 Hari Besar Islam karya Muhammad Sholikhin.


Isra Mi'raj sendiri merupakan perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga Sidratul Muntaha. Saat peristiwa inilah, Allah SWT memerintahkan salat lima waktu sebagaimana yang tertuang dalam hadits berikut,


هِيَ خَمْسٌ، وَهِيَ خَمْسُونَ، لاَ يُبَدَّلُ القَوْلُ لَدَيَّ". قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى، فَقَالَ: رَاجِعْ رَبَّكَ. فَقُلْتُ: اسْتَحْيَيْتُ مِنْ رَبِّي


Artinya: "Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tak akan lagi berubah keputusan-Ku." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, 'Kembalilah menemui Rabbmu'. Kujawab, 'Aku malu pada Rabbku'." (HR Bukhari)


Larangan di Bulan Rajab

Meski banyak keistimewaan dan keutamaan yang bisa kita raih, namun muslim juga harus menghindari melakukan maksiat di bulan Rajab ini. Pasalnya, Allah SWT akan melipatgandakan dosa yang dilakukan di bulan Rajab.


Ada sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan selama bulan Rajab. Meski tentu saja sebenarnya semua jenis maksiat patut dijauhi kapanpun, sebagai muslim yang taat.


Dilansir melalui laman muslim.or.id Al Qodhi Abu Ya'la rahimahullah menjelaskan, "Dinamakan bulan haram karena memiliki makna, ialah pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.


Bulan-bulan haram adalah waktu yang dihormati oleh masyarakat Arab pra-kenabian yang di dalamnya ada larangan terjadinya pertumpahan darah, baik dalam bentuk peperangan maupun berburu binatang.


Segala bentuk peperangan yang terjadi di antara mereka dihentikan ketika memasuki bulan-bulan ini. Penghormatan pada bulan-bulan ini diharapkan oleh orang-orang Arab yang berada di luar Makkah pada saat mereka berdatangan ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji


Di bulan Rajab larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan lainnya, karena mulianya bulan itu. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalan Q.S At-Taubah (9:36):


اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ


Artinya:


"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzolimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."


Dalam ayat tersebut Allah SWT mengatakan bahwa janganlah menzalimi dirimu dalam empat bulan haram tersebut. Yang artinya kita tidak boleh melakukan maksiat pada bulan-bulan ini karena dosa yang kita lakukan akan menjadi berlipat ganda.


Maksiat ini tentu mencakup dosa besar maupun kecil, mulai dari syirik atau menyekutukan Allah SWT, meninggalkan shalat, durhaka terhadap orang tua, berzina, memakan harta haram, meminum minuman keras, berbohong, ghibah dan masih banyak maksiat lainnya.


Bahkan Abu Jahal saja enggan untuk melakukan maksiat pada bulan bulan haram ini.


Amalan Bulan Rajab

Bulan Rajab jatuh pada bulan ketujuh pada kalender Islam, dari salah satu empat bulan haram. "Rajab" sendiri memiliki arti "untuk menghormati," yang bermakna memiliki banyak amalan-amalan dalam Islam untuk umatnya.


Beberapa amalan diantaranya yang bisa dilakukan oleh umat muslim yaitu


1. Sholat Sunnah Rajab


Amalan bulan Rajab pertama yang bisa kamu lakukan adalah sholat sunnah Rajab sebanyak empat rakaat pada malam hari. Sholatnya terdiri dari dua salam, dan membacakan Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Naas. Tata caranya tak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Namun ada doanya, bacaan doanya sebagai berikut :


اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي


Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni.



2. Puasa Rajab


Kamu juga bisa melakukan puasa Rajab yang termasuk dalam salah satu amalan yang dianjurkan. Seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Abu Daud berikut ini .


صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ


Artinya: "Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!" (HR Abu Daud dan yang lainnya).


Jika detikers akan menjalankan puasa Rajab, kamu bisa melafalkan niat puasa sebagai berikut ini:


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى


Artinya: Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT.


3. Bersedekah


Bersedekah juga termasuk amalan bulan Rajab yang dianjurkan untuk detikers lakukan. Barangsiapa yang bersedekah di bulan penuh kemuliaan ini diyakini akan dilipatgandakan pahalanya. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW di bawah ini:


عن عقبة عن سلامة بن قيس يرفعه الى النبى صلى الله عليه وسلم انه قال: من تصدق فى رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا من وكره فى الهوى حتى مات هرما. وقيل الغراب يعيش خمسمائة عام


Artinya: Barangsiapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka, sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.


4. Isra Mi'raj


Isra Miraj yaitu sebuah perjalanan Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril yang dimulai dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsha di Palestina. Selanjutnya perjalanan diteruskan menuju ke Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT.


Isra Mi'raj terjadi pada hari Jumat pertama di bulan Rajab yang mana menjadi malam penuh renungan sekaligus kesedihan bagi Nabi Muhammad SAW. Alasannya karena pada malam tersebut, nabi bersedih karena istrinya. Khadijah, harus kehilangan sang paman untuk selama-lamanya.


Pada peristiwa Isra Mi'raj kemudian terjadi titik awal bagi umat Islam untuk menjalankan sholat 5 waktu.


5. Sholat Malam


Amalan bulan Rajab lainnya yang dapat dilakukan adalah melakukan sholat malam. Amalan ini juga sering dilakukan pada zaman dulu oleh Sayyidina Ali. Turut dijelaskan pula dalam kitab al-Ghun-yah oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani, bahwa Sayyidina Ali fokus dalam menjalankan ibadah pada empat malam dalam satu tahunnya. Salah satunya pada malam pertama bulan Rajab.


6. Perbanyak Istighfar


Amalan lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah perbanyak melakukan istighfar. Ada banyak manfaat membaca istighfar, salah satunya kesulitan yang sedang kita hadapi akan dimudahkan oleh Allah SWT.


Sebagaimana yang tertulis dalam hadist berikut ini:


"Siapa yang mengucapkan Astaghfirullahal 'adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih (Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya) tiga kali, maka dosa-dosanya telah diampuni meskipun ia lari dari medan peperangan (dimana hal itu adalah termasuk dosa yang besar)."


Selain itu, Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Ra'd ayat 28 yang berbunyi:


الَّذِيْنَاٰمَنُوْاوَتَطْمَىِٕنُّقُلُوْبُهُمْبِذِكْرِاللّٰهِۗاَلَابِذِكْرِاللّٰهِتَطْمَىِٕنُّالْقُلُوْبُۗ


Artinya: Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (QS. Ar-Ra'd: 28).


7. Perbanyak Baca Sholawat


Selain istighfar, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Allah SWT. Entah itu saat pagi, siang, sore, atau malam hari. Anjuran ini sebagaimana tertuang dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:


اِنَّاللّٰهَوَمَلٰۤىِٕكَتَهٗيُصَلُّوْنَعَلَىالنَّبِيِّۗيٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِوَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا


Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56).


Itu dia sejumlah amalan bulan Rajab yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Siapa yang tidak ingin mendapat pahala berlipat ganda? Tentunya semua orang menginginkannya. Oleh karena itu, jangan lupa melakukan amalan-amalan tersebut sepanjang bulan Rajab.

(Dw/*)