DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

PESTA ADAT LAMANDAU FESTIVAL BUKUNG

PESTA ADAT LAMANDAU FESTIVAL BUKUNG



Pesta Adat Lamandau Festival Bukung

LAMANDAU, MEDIA INVESTIGASI Tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 yang lalu, Festival Bukung terlaksana dengan baik dan sangat meriah di Bundaran Rusa, depan halaman Kantor Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah.  Menurut Ir. Marukan Bupati Lamandau, sangat menghargai partisipasi masyarakat, karena festival sangat ramai di banding dengan tahun lalu.

Lanjut Ir. Marukan, bahwa budaya lokal yang kita cintai, harus diperkenalkan di kancah nasional dan internasional, “Kewajiban kita semua memperkenalkan budaya kepada khalayak ramai dimanapun juga,” katanya.
Dijelaskan lagi, Bebukung ini sebenarnya tarian peninggalan leluhur kita, dikaitkan dengan kejadian dimana masyarakat yang beragama Keharingan pada saat maninggal, dibalsem dengan memakai bahan-bahan alami dari alam. Dan itu bisa bertahan cukup lama.

“Ada yang sampai jenazahnya satu minggu, juga ada yang dua minggu, bahkan ada yang sampai tiga bulan, dan pada kondisi waktu itu sangat melelahkan  dan perlu pembiayaan yang besar,” ungkap Ir. Marukan yang mantap mengingat-ingat.

Warga memberikan perhatian untuk menghibur, biasanya datang dengan bertopeng pada tengah malam, disamping itu juga mereka membawa bantuan, supaya selama menunggu itu juga tetap tinggal dan eksis selama acara berlangsung.

Camat Lamandau Imanuel memberikan dukungan penuh pada pagelaran seni yang ditunggu-tunggu masyarakat Lamandau, karena pesta adat dari leluhurnya yang turun temurun. “Mulai dari warga dan aparat  desa serta kecamatan, sudah mempersiapkan dengan matang-matang pagelaran ini, seperti tahun-tahun sebelumnya.
Penulis: Sahwandi
Editor: Rosyid

Post a Comment