Syahrudin Putera ; Buka acara Lomba Cipta Menu Beragam -->

Breaking news

Live
Loading...

Syahrudin Putera ; Buka acara Lomba Cipta Menu Beragam

Thursday 9 August 2018

SUKADANA, (MI)-  Bertempat di Gedung Pusiban Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera buka acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Lampung Timur, Kamis (09/08/2018).

Acara yang mengangkat tema “Menyajikan menu kreasi keluarga yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya local” tersebut dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, M. Yusuf, serta Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).

Berkenaan dengan hal tersebut tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal ini, selain untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, juga untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal serta membangun budaya keluarga agar mengonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar pekarangan rumah.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera  berharap melalui kegiatan lomba seperti ini dapat memberikan pengetahuan bagi peserta untuk menciptakan menu pangan alternatif yang sesuai dengan pola makan sehat dan menggunakan potensi pangan lokal.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta lomba oleh karena itu kami meminta juga kepada tim penilai untuk dapat bekerja secara objektif karena apa yang menjadi rekomendasi tim penilai tentu akan menjadi inspirasi dan menjadi catatan bagi kami bagaimana sesungguhnya pola makan sehat”.

Baca juga : Kajati Kepri Melaksanakan Sertijab

Pada acara tersebut dilakukan pula penyerahan piala dan piagam juara satu pemenang lomba administrasi PKK tingkat Provinsi Lampung tahun 2017 dengan penerima Ketua TP PKK Kecamatan Purbolinggo selaku pembimbing lomba administrasi PKK Desa Toto Harjo, serta penyerahan juara dua lomba prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan penerima Ketua TP PKK Desa Toto Harjo. (Indra)