Rampungnya Pengerjaan Tol Jakarta Outer Ring Road 2, Menurunkan Biaya Logistik -->

Breaking news

Live
Loading...

Rampungnya Pengerjaan Tol Jakarta Outer Ring Road 2, Menurunkan Biaya Logistik

Monday 17 September 2018

Jakarta, (MI)- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa rampungnya pengerjaan Tol Jakarta Outer Ring Road 2 akan memberikan manfaat bagi kelancaran mobilitas komuter baik dari Jakarta maupun kota-kota di sekitarnya.

Selain itu juga akan memperlancar distribusi sehingga akan menurunkan biaya logistik dan harga-harga bahan pangan pokok. Dilansir dari rmol.co, "Insya Allah pada tahun 2019 JORR dua akan siap dioperasikan sehingga akan memperlancar mobilitas kaum urban dan meningkatkan aktivitas ekonomi," ujarnya saat meninjau proyek pembangunan Tol Kunciran-Serpong.

Peninjauan dilakukan Menteri Basuki untuk memastikan proyek tersebut selesai sesuai target pada April 2019. Penyelesaian pembangunan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 kilometer sebagai bagian jaringan jalan Tol JORR 2 progresnya sudah mencapai 66 persen per September 2018. Ruas itu juga akan terkoneksi dengan Tol Tangerang-Merak dan Tol Jakarta-Serpong yang sudah beroperasi.

Pembebasan lahan ruas tol sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan pada Oktober 2018 sudah seluruhnya bisa dibayar menggunakan dana Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Pembebasan lahan masih menjadi salah satu kendala dalam penyelesaian proyek pembangunan tol.

Saat ini ada delapan bidang tanah yang pembebasan lahannya masih belum selesai, yakni di tujuh bidang tanah di Kelurahan Pakujaya dan satu bidang tanah di Kelurahan Pondok Jagung Timur di Kota Tangerang Selatan. Bidang tanah di Kelurahan Pakujaya merupakan bidang tanah milik warga, sementara bidang tanah di Kelurahan Pondok Jagung Timur merupakan bidang tanah milik TNI.

Meskipun demikian, masalah tersebut dapat diatasi. Terkait bidang tanah milik TNI, Kementerian PUPR telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pertahanan untuk mendapatkan izin penggunaan lahan tersebut.

Progres pembangunan proyek jalan Tol Kunciran-Serpong paket satu Kunciran-Parigi 6,72 kilometer dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sudah mencapai 63,4 persen, dan progress paket dua Parigi-Serpong 4,42 kilometer dikerjakan PT Adhi karya dan Acset (KSO) sudah mencapai 71,82 persen.

Pengusahaan tol dilakukan PT Marga Trans Nusantara dengan nilai investasi sebesar Rp 2,4 triliun. Kepemilikan sahamnya dipegang oleh PT Jasa Marga Tbk. sebesar 60 persen, PT Astratel Nusantara 30 persen, dan PT Transutama Arya Sejahtera 10 persen.

Baca juga : ICW, Seharusnya Peraturan KPU Mantan Napi Dilarang Mencalonkan Masuk Dalam UU Pemilu

Ruas tol JORR lainnya yang dikunjungi Menteri Basuki adalah Batuceper-Kunciran-Cengkareng (Bandara Soekarno Hatta) sepanjang 14,19 kilometer dan Tol Cinere-Serpong sepanjang 10,14 kilometer yang keduanya juga ditargetkan beroperasi 2019. (*)