DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Perkenalkan 10 Bali Baru Indonesia di Pertemuan IMF-Bank Dunia

Perkenalkan 10 Bali Baru Indonesia di Pertemuan IMF-Bank Dunia

Jakarta, (MI)- Pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) 2018 di Nusa Dua, Bali rupanya tak hanya menjadi wadah diskusi antara Indonesia dengan negara-negara anggota untuk membahas isu dan kebijakan penting di sektor ekonomi.

Pertemuan yang diadakan pada 8-14 Oktober ini juga menjadi kesempatan pemerintah untuk memamerkan destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru kepada para delegasi dan tamu undangan.

Staf Khusus I Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sahala Lumban Gaol, mengungkapkan hal ini dilakukan karena pemerintah ingin memanfaatkan momentum, terutama karena ada 34 ribu peserta yang berpartisipasi dalam acara ini, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Mumpung pesertanya banyak, kami sekalian mengenalkan 10 Bali Baru ini. Siapa tahu mereka tertarik, ini bisa jadi potensi wisata bagi Indonesia," ucap Sahala kepada CNNIndonesia.com, dikutip Minggu (14/10).

Pameran 10 Bali Baru itu dikemas dalam bingkai foto dan video yang siap dipertontonkan kepada para delegasi dan tamu pertemuan IMF-WB 2018. Adapun pameran destinasi wisata itu ada di Indonesia Pavilion yang merupakan ruang pameran seni dan kerajinan Indonesia selama acara berlangsung.

"Ada Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Pulau Seribu, Candi Borobudur, Mandalika, Gunung Bromo, Wakatobi, Labuan Bajo, hingga Morotai. Semuanya menawarkan keindahan," katanya.

Berikut adalah 10 Bali Baru yang dikenalkan di Indonesia Pavilion
1. Danau Toba
Danau Toba merupakan danau alami dan vulkanik terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara. Untuk mencapai Danau Toba, pemerintah membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu di Medan, ibu kota Sumatera Utara ke Bandara Silangit.

2. Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang terletak di Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Pantai ini memiliki ciri khas batu granit raksasa yang mirip dengan kepala burung garuda. Selain menjadi bagian dari 10 Bali Baru, pantai ini juga ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata.

3. Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung terletak di Pandeglang, Banten atau 160 kilometer dari ibu kota Jakarta, sehingga bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Pantai ini memiliki pasir putih dan lokasinya dekat Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau, dan Pulau Umang.

4. Pulau Seribu
Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau yang terletak di utara Jakarta. Beberapa pulau memiliki penghuni, sedangkan yang lainnya merupakan pulau yang hanya diperuntukkan demi kepentingan wisata dan riset, sehingga tidak berpenghuni.

5. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Setiap Hari Waisak, Borobudur menjadi tujuan ibadah bagi para umat Buddha, khususnya di kawasan Asia.

6. Mandalika
Pantai Mandalika merupakan salah satu KEK yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pantai ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan hanya berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Lombok.

7. Gunung Bromo
Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger yang meliputi empat kawasan sekaligus, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung ini dikelilingi lembah, ngarai, dan kaldera atau lautan pasir.

8. Wakatobi
Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara sekaligus salah satu taman nasional di Tanah Air. Wakatobi merupakan taman nasional kehidupan bawah air yang kaya dengan panorama terumbu karang.

9. Labuan Bajo
Labuan Bajo merupakan salah satu desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan ini menawarkan balutan panorama laut biru dengan bukit-bukit hijau.

Baca juga : Akibat Gempa 6,3 SR di Jatim dan Bali, Tiga Orang Meninggal

10. Morotai
Pulau Morotai merupakan pulau paling utara Indonesia yang merupakan bagian dari Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Morotai menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan paduan hutan lebat. []
Post a Comment