DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Hari Pahlawan, Momentum Teguhkan Rasa Cinta Tanah Air

Hari Pahlawan, Momentum Teguhkan Rasa Cinta Tanah Air

Banyumas, (MI)- Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ditafsirkan sebagai momentum peringatan kolektif bangsa yang tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang gugur di medan perjuangan.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya," tulis Mensos RI pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dibacakan Kasrem 071/Wk Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., Sabtu (10/11/2018) di Makorem 071/Wk Sokaraja Banyumas.

Dikatakan Mensos RI, prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta dilaksanakan secara serentak selama 60 detik, seperti yang saat ini dilakukan. Bahkan, dilaksanakan pula di seluruh pelosok tanah air dan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri.

"Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia," jelasnya.

Ia menegaskan, tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah 'Semangat Pahlawan Di Dadaku', mengandung makna sesuai fitrahnya, dimana dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

"Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara," ungkapnya.

Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan, haruslah mampu menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Mensos juga mengajak untuk berbuat yang terbaik dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. "Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara," terangnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Mensos juga tak lupa mengucapkan, "Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat Pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita."

Baca juga : Kasus Dokter Suntik Bidan 56 Kali Terus Bergulir

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Makorem 071/Wk dihadiri dan diikuti para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk. [Yan]
Post a Comment