Sukses Desa Toto Harjo Bangun Infrastruktur -->

Breaking news

Live
Loading...

Sukses Desa Toto Harjo Bangun Infrastruktur

Wednesday 28 November 2018

Lampung Timur, (MI)- Program Dana Desa (DD) 2018 yang di kucurkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) oleh pemerintah Republik Indonesia untuk percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa telah di rasakan manfaatnya oleh desa – desa yang ada di Lampung Timur.

Salah satu desa yang merasakan manfaatnya adalah desa Toto Harjo yang ada di kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur.

Dari hasil pembangunan, masyarakat kini dapat merasakan langsung atas pembangunan Desa Toto Harjo. Dari tahun ke tahun masyarakat desa tersebut kini telah bisa menikmati berbagai hasil pembangunan yang di wujudkan dalam pembangunan infrastruktur berupa gorong-gorong, drainase ďan fasilitas Umum yang memang banyak dibutuhkan masyarakat dalam percepatan pembangunan.

Menurut keterangan Kepala desa Toto Harjo Mugiyono, bahwa di desanya untuk Tahun 2018 ini mendapat kucuran Dana Desa(DD) dari pemerintah Pusat Sebesar Rp.776.038.000; yang di Alokasikan untuk pekerjaan Fisik dan non Fisik.

Jenis kegiatan yang di biayai oleh DD antara lain :
Pembangunan Drainase sepanjang 1.981 meter.
Pembangunan MCK(Mandi,Cuci,Kakus) 1 unit.
Pembuatan Sumur Bor 1 unit.
Jambanisai 24 unit.
Pembangunan Gorong-gorong Plat sebanyak 24 unit,serta Rehab Gedung Sanggar tari.

Selain itu Pemerintah desa Toto Harjo mengalokasikan juga untuk:
Honor Guru PAUD.
Honor Kader kesehatan serta pemberian makanan tambahan untuk Balita.

Perlu di ketahui bahwa seluruh pekerjaan dan kegiatan yang di biayai oleh DD telah di lakukan Monitoring dan Evaluasi oleh Dinas PMD Lampung Timur bekerja Sama dengan instansi terkait juga element masyarakat agar kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan Juklak dan Juknis.(PubDes/Adventorial) [indra]