Bisa fatal akibatnya, ini 4 akibat minum sambil berdiri -->

Breaking news

Live
Loading...

Bisa fatal akibatnya, ini 4 akibat minum sambil berdiri

Sunday 16 December 2018


Jakarta , (MI)- Anjuran makan dan minum untuk tidak berdiri, sebaiknya jangan diabaikan. Sejumlah masalah kesehatan disebut bisa terjadi bila Anda minum sambil berdiri, berikut ini penyakit yang dapat terjadi akibat minum sambil berdiri, (16/12).

1. Memicu arthritis
Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas.

2. Naiknya asam lambung
Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung. (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau bisa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung.

Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut.

Selain itu minum berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung dapat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

3. Merusak ginjal
Minum berdiri juga dapat berbahaya bagi ginjal karena penyaringan yang tidak sempurna dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Hal ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

4. Saraf tegang
Hal buruk lainnya yang dapat terjadi ketika anda minum berdiri adalah tegangnya urat saraf. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga kesimbangan. Namun jika Anda minum saat duduk dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Minum air memang bagus untuk kesehatan namun harus didampingi dengan kebiasaan cara minum yang baik , dilansir liputan6 maka dari itu untuk menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. [mi]