Masyarakat agar waspada potensi gelombang tinggi dan angin kencang -->

Breaking news

Live
Loading...

Masyarakat agar waspada potensi gelombang tinggi dan angin kencang

Monday 17 December 2018


Jakarta, (MI)- Sejumlah wilayah di Indonesia bakal diterpa angin kencang dan gelombang tinggi. Hal tersebut merupakan efek dari siklon tropis Kenanga yang terjadi di wilayah Samudera Hindia.

"Siklon tropis ini cenderung bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan diperkirakan berada sekitar 2.754 Km dari wilayah Indonesia dalam 72 jam ke depan. Siklon ini akan memberikan dampak tidak langsung berupa peningkatan kecepatan angin di sebagian wilayah pesisir barat pulau Sumatra dan peningkatan ketinggian gelombang 2,5-4,0 meter di perairan Kepulauan Mentawai hingga Selat Sunda," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, Minggu (16/12).

Mulyono melanjutkan, bibit siklon awalnya terdeteksi pada 12 Desember 2018 dan berkembang menjadi siklon tropis pada Sabtu (15/12).

"Kecepatan angin maksimum di dekat pusat siklon mencapai 40 knot atau 75 Km per jam," ucapnya.

Mulyono kemudian mengatakan peningkatan kecepatan angin juga diperkirakan terjadi di pulau Jawa bagian selatan seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat hingga NTT.

BMKG juga memprediksi wilayah Indonesia bagian timur mulai dari Kalimantan Tengah hingga Papua berpotensi hujan lebat pada 17-19 Desember 2018.

"Wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode ini antara lain, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Potensi bencana hidrometeorologis yang berpotensi terjadi di antaranya seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi dalam beberapa hari.

"Masyarakat juga agar mewaspadai potensi gelombang tinggi dan angin kencang," demikian Mulyono. dilansir RMOL [mi]