Bupati Ingin Bangun Hubungan Sinergis Dengan Bali -->

Breaking news

Live
Loading...

Bupati Ingin Bangun Hubungan Sinergis Dengan Bali

Wednesday 10 April 2019


Lumajang, (MI)- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., menginginkan hubungan dengan Bali tetap bersinergi.  Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Provinsi Bali, Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., di Peringgitan Pendopo Arya Wirraja Lumajang. Rabu (10/4/2019).

"Saya bahagia sekali. Saya berkeinginan hubungan ini semakin baik. Saya berterima kasih pak Wagup Prov. Bali sudah datang ke sini," ungkap Cak Thoriq saat meyambut Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace tersebut.

Lumajang dan Bali memiliki hubungan yang baik, selain karena adanya Pura Mandara Giri Semeru Agung,  juga karena ada keturunan Raja Arya Wiraraja yang saat ini berada di wilayah Provinsi Bali.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq menyampaikan keinginannya untuk membangun fasilitas yang bisa dipergunakan untuk masyarakat Bali yang beribadah di Pura MGSA, salah satunya penyediaan lahan parkir dan rest area yang memadai.

Cak Thoriq menyampaikan, ingin melakukan dialog intensif dengan masyarakat Bali guna menggali ide supaya Pura yang menjadi pusat ibadah umat Hindu itu seperti yang diharapkan.

Cak Thoriq juga ingin melakukan komunikasi intens dengan Pemerintah Bali, sehingga Pemkab. Lumajang bisa memberikan jamuan yang layak terhadap setiap kegiatan keagamaan di Pura Mandara Giri Semeru Agung (MGSA).

"Kami ingin secara kekeluargaan duduk bersama, kami merasa terhormat karena pure ada di wilayah Kab. Lumajang. Kami harus menjaga. Kami harus juga memenuhi keinginan masyarakat Bali," pungkasnya

Menurutnya, dengan datangnya masyarakat Bali Kab. Lumajang,  maka akan terjadi perputaran ekonomi yang  mampu mengangkat petekonomian masyarakat sekitarnya.

Cak Thoriq berharap, Pemerintah Provinsi Bali dapat membantu mempromosikan produk-produk khas Kab. Lumajang, seperti kripik pisang dan produk unggulan lainnya.

Di pihak lain, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., (Cok Ace) menjelaskan, bahwa sebenarnya Lumajang dan Bali memiliki kedekatan secara emosional sejak lama.  Oleh karena itu, dirinya mengaku setiap datang ke Kabupaten Lumajang seperti datang ke rumahnya sendiri. "Hubungan Bali dengan Lumajang ini, sebenarnya sudah lama terjalin, ya memiliki kedekatan secara emosional," ujarnya.

Ia berharap, kedekatan emosional tersebut akan tetap terjaga melalui  Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Pada kesempatan itu  Cok Ace menyampaikan, bahwa saat ini Pura MGSA memerlukan tambahan lahan untuk area parkir, mengingat setiap ada upacara keagamaan Hindu masyarakat Bali memadati area sekitar pura.

Cok Ace  mengungkapkan, rencananya untuk menulis tentang hubungan antara masyarakat Lumajang dan Bali berdasarkan sejarah dan juga kondisi sosial masyarakatnya.

Cok Ace  menyatakan, tetap berkomitmen membantu pemasaran produk-produk khas Lumajang. Hal itu dibuktikan, dalam  beberapa pameran yang diselenggarakan di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan stand khusus,  untuk memajang produk-produk dari Kabupaten Lumajang  (Had).