Resmi Presiden Jokowi, Pilih Provinsi Kalimantan Timur: Ibu Kota Baru Indonesia -->

Breaking news

Live
Loading...

Resmi Presiden Jokowi, Pilih Provinsi Kalimantan Timur: Ibu Kota Baru Indonesia

Monday 26 August 2019


Jakarta, (MI)- Presiden Jokowi akhirnya memilih provinsi Kalimantan Timur menjadi ibu kota baru Indonesia. Secara khusus Jokowi menyebut lokasinya di 2 kabupaten yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Kukar).

"Pemerintah telah melakukan kajian mendalam selama 3 tahun terakhir. Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). 

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, mengenai calon ibu kota baru Indonesia, Kaltim siap saja jika ditunjuk Jokowi. Isran yang diwawancarai awak media bahkan mengaku sudah menyiapkan kawasan Kutai Kartanegara yang siap menjadi ibu kota baru Indonesia.

"Kawasannya yang sudah kita sampaikan kepada Bapak Presiden, kita sampaikan kepada tim pengkaji, termasuk Kepala Bappenas yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan nyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara," ucapnya.

Gambar dok, 

Dia menjelaskan, dua kabupaten yang terhubung itu sudah ditawarkan pada Jokowi selaku pembuat kebijakan.

"Dua kabupaten itu terhubung dan itu yang kita tawarkan yang kita sampaikan kepada Pak Presiden," sebutnya.

Pengumuman ibu kota baru Indonesia dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (*)