Aplikasi TraceTogether: Lacak pergerakan pasien COVID-19 -->

Breaking news

Live
Loading...

Aplikasi TraceTogether: Lacak pergerakan pasien COVID-19

Friday 27 March 2020


TraceTogether dikembangkan oleh operator telekomunikasi dan akan terpasang pada smartphone pengguna yang positif COVID-19. 

Jakarta, (MI) - Menkominfo Johnny G Plate menjelaskan cara kerja dari aplikasi TraceTogether yang baru diumumkan. Disebutkan, aplikasi tersebut untuk melacak pergerakan pasien positif virus corona.

TraceTogether ini mempunyai fungsi utama yaitu sebagai surveilans yang tak lain adalah analisis kumpulan data yang disebarkan untuk pencegahan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Johnny mengatakan kalau TraceTogether dikembangkan oleh operator telekomunikasi dan akan terpasang pada smartphone pengguna yang positif COVID-19. Setelah itu, dilakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), dan fencing (mengurung) COVID-19.

"Ini untuk pasien positif COVID-19 yang memberikan nomor teleponnya dan secara sukarela dan berdasarkan nomor telepon itu nanti Kementerian Kesehatan yang akan melakukan tracing dan penelitian dan interaksi secara langsung dengan pasien," tutur Johnny, Kamis (26/3/2020).

Adapun riwayat pergerakan pasien positif yang dianalisis itu 14 hari ke belakang sejak dinyatakan telah terjangkit virus tersebut.

Disebutkan Johnny, aplikasi ini juga dapat terhubung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama, dilansir detikcom Jumat (27/3/2020).

"Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar positif COVID-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol Orang Dalam Pengawasan (ODP)," pungkasnya.