Arus Balik Landai, Didominasi Angkutan Logistik - MEDIA INVESTIGASI

Breaking

Home Top Ad

Loading...

Post Top Ad

Saturday, 30 May 2020

Arus Balik Landai, Didominasi Angkutan Logistik


Kakorlantas Polri: 146 Pos Penyekatan Arus Balik Landai, Didominasi Angkutan Logistik.

Jakarta - Polri menyebut arus balik mudik pada H+5 Lebaran dari Jawa Timur hingga Lampung didominasi oleh angkutan logistik. Hal ini membuat aktivitas di pos penyekatan kendaraan pemudik jadi landai.

"Evaluasi hari ini, kami sampaikan bahwa arus balik sampai hari ini. Dan kecenderungan arus balik ini masih didominasi oleh angkutan logistik dan kecenderungan lalu lintas di sekat-sekat 146 pos penjagaan Jatim sampai Lampung ini landai," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono kepada wartawan di Pos Penyekatan Patok Besi, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020).

Irjen Pol Istiono menilai ada keengganan dari masyarakat untuk melakukan perjalanan pindah dari kota ke kota. Irjen Pol Istiono lalu menyebut kegiatan silaturahmi antarkota di masa larangan mudik dan pembatasan sosial berkala besar (PSBB) terkendali dengan baik.

"Ada keengganan masyarakat untuk mulai berpindah atau melakukan perjalanan dari kota ke kota. Termasuk silaturahmi antarkota cukup tekendali cukup bagus. Kemudian tidak ada penumpukan di lokasi-lokasi penyekatan di 146 pos dari Lampung hingga Jatim," ucap Irjen Pol Istiono.

Irjen Pol stiono kemudian memaparkan data kendaraan yang diduga hendak melakukan perjalanan balik mudik dan telah diputarbalikkan aparat sejak H+1 Idul Fitri sebanyak 25 ribu unit. Jika ditotal dengan jumlah kendaraan yang diputarbalikan sebelum Idul Fitri, maka jumlahnya 103 ribu unit.

"Kemudian kendaraan yang sudah kita putarbalikkan sampai hari ini lebih kurang 25 ribu. Kalau arus mudiknya sekitar 78 ribu. Total kendaraan yang dihalau arus balik maupun mudik sampai hari ini itu 103 ribu," papar Irjen Pol Istiono.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 4.599 kendaraan menuju Jakarta diputar balik di check point Km 47 Tol Karawang Barat selama 5 hari pasca-Lebaran. Angka tersebut didominasi mobil pribadi.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad, Widiyatmiko Nursejati, mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil operasi gabungan bersama kepolisian dan Kementerian Perhubungan selama lima hari pasca-Lebaran pada 25-28 Mei 2020. Dari 4.599 kendaraan tersebut, 226 kendaraan di antaranya merupakan angkutan penumpang, sedangkan 4.373 kendaraan merupakan angkutan pribadi.

"Di check point diberlakukan proses pengecekan dokumen perjalanan kendaraan pribadi yang menuju ke arah Jakarta oleh petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan," kata Widiyatmiko dalam keterangannya, sore tadi.

No comments: