660 pedagang Pasar Ciputat akan direlokasi sementara -->

Breaking news

Live
Loading...

660 pedagang Pasar Ciputat akan direlokasi sementara

Saturday 6 June 2020


Tahap awal Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan lebih dulu merelokasi setengah dari total pedagang yang terdata.

Tangsel- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan Maya Mardiana mengatakan, 660 pedagang Pasar Ciputat yang direlokasi sementara ke Plaza Ciputat akan dilakukan secara bertahap.

Upaya itu dilakukan demi menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19. "Kemudian nanti pada saat relokasi atau pindahnya juga harus melakukan tahap tahapan. Kita bagi dulu agar tidak crowded karena saat ini pandemi Covid-19," ujar Maya saat dikonfirmasi, Jumat (5/6/2020).

Karena itu, pada tahap awal Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan lebih dulu merelokasi setengah dari total pedagang yang terdata pada pertengahan Juni 2020. "Pindahnya secara bertahap. Misal, harus berapa pedagang toko dulu atau beberapa los dulu, jadi dikasih jadwal sampai selesai," ucapnya.

Maya menegaskan, para pedagang juga akan diberikan keringanan dengan tidak membayar uang sewa selama menempati kios baru. "Tidak (bayar sewa) selama di relokasi sementara. Mereka hanya pindah saja. Untuk ukuran kios juga akan disesuaikan dengan jenis dagangan mereka. Misal kios emas itu harus kita sesuaikan.

Sebelumnya, sekira 660 pedagang baik yang ada di kios maupun lapak Pasar Ciputat akan direlokasi sementara di Plaza Ciputat pada pertengahan Juni 2020, mendatang.

Relokasi itu dilakukan setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan berencana merevitalisasi Pasar Ciputat karena kondisinya yang dinilai sudah tak laik untuk aktivitas jual beli. Sosialisasi terus dilakukan guna merealisasikan perbaikan pasar yang sudah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu.

Pada 2018 lalu, anggaran yang dibutuhkan untuk merevitalisasi Pasar Ciputat itu mencapai Rp 250 miliar.

Pemkot Tangerang Selatan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) berupaya mencari investor untuk membiayai revitalisasi pasar tersebut.