BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Pemkot Tangsel diminta Tutup TPA Cipeucang Serpong

Pemkot Tangsel diminta Tutup TPA Cipeucang Serpong


DPRD Tangsel sebelumnya juga telah meminta Pemkot untuk menutup lokasi TPA Cipeucang, Serpong, (26/6).

Tangsel-  Belasan warga mengatasnamakan Aliansi Warga Serpong menuntut Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan menutup penuh Tempat Pembuangan Sampah Cipeucang. Warga kesal saat ini aroma busuk dari pencemaran TPA Cipeucang semakin tidak terkendali.

Ketua Aliansi Warga Serpong, Firda Yofi Yana bersama sejumlah warga lainnya melakukan pertemuan dengan Komisi IV DPRD Tangsel. Mereka mendorong agar Pemkot menutup dan menyelesaikan persoalan sampah di Tangsel. "Kami datang ke sini membawa petisi dari masyarakat Serpong, karena posisi Cipeucang ini berada di wilayah kita. Waktu tahun 2016 kita pernah demo besar-besaran untuk menutup Cipeucang tetapi tidak ada hasil sampai detik ini, jadi kita mengatasnamakan Aliansi Warga Serpong atau AWAS kita mengajukan petisi untuk menutup Cipeucang," katanya usai rapat dengan Komisi IV DPRD Tangsel, Kamis (25/6). Dia menjelaskan, bau yang ditimbulkan dari TPA Cipeucang membuat lingkungan di sekitar Serpong tercemar. Apalagi, pada saat-saat tertentu yang membuat kualitas udara di Serpong semakin buruk.

Firda mengaku, sangat paham terkait kondisi Cipeucang yang sebelumnya merupakan lokasi penambangan batu dan pasir. Kini berubah fungsi menjadi TPA yang seharusnya tidak ada di tengah-tengah area perkotaan.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Tangsel, Aldi S Zuhri mengaku juga tak bisa berbuat banyak. Menurutnya, DPRD Tangsel sebelumnya juga telah meminta Pemkot untuk menutup lokasi TPA. "Kami kan cuma hanya mediator, bahwa tuntutan mereka sama dengan tuntutan kami pas RDP agar Cipeucang ditutup. Karena tidak layak lagi diperkotaan ada tempat sampah, yang sekarang jaraknya tinggal beberapa meter dari rumah warga," ungkapnya.

Dalam pertemuan dengan masyarakat Serpong, dia menjelaskan, saat ini sedang menjalin kesepakatan dengan Pemkab Tangerang untuk numpang membuang sampah di TPA Jatiwaringan, Kabupaten Tangerang. 

"Kita tunggu nanti kesepakatan dengan Kabupaten seperti apa, kemudian di Juli kita bahas anggaran. Apapun kita harus laksanakan itu pemindahan TPA, sehingga nanti TPA Cipeucang menjadi tempat yang nyaman, hijau sehingga tidak lagi bau busuk, tetapi bau harum bunga-bunga," tutupnya.
 

TERHANGAT