Kabar baik, Pemerintah buka kembali program pelatihan Kartu Prakerja tahun 2021 gelombang 12 -->

Advertisement

Kabar baik, Pemerintah buka kembali program pelatihan Kartu Prakerja tahun 2021 gelombang 12

: Tim Media Investigasi
Wednesday, 24 February 2021

Doc. Ilustrasi (ist)



Pada gelombang 12, kuota peserta yang disediakan untuk sesi pertama yakni sebanyak 600 ribu peserta.


Jakarta - Kabar baik bagi kamu yang belum terdaftar program Kartu Prakerja. Karena pemerintah membuka kembali program pelatihan Kartu Prakerja di tahun 2021 gelombang 12.

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pada gelombang 12 ini, kuota peserta yang disediakan untuk sesi pertama ini yakni sebanyak 600 ribu peserta.

"Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 ribu peserta. Jadi 600 ribu ini merupakan kemampuan teknologi dari kartu Prakerja," jelas Airlangga dalam virtual conference, Selasa (23/2/2021).

Anggaran yang disediakan untuk program Kartu Prakerja tahun 2021 mencapai Rp20 trilun. Jumlah tersebut masih sama dengan anggaran tahun sebelumnya. 

Namun untuk tahun ini, program akan dibagu dalam dua semester. Hal tersebut juga berlau untuk anggaran yang dibagi menjadi dua, dimana untuk semester pertama tahun 2021 dianggarkan Rp10 triliun.

Kuota peserta Prakerja untuk semester pertama ini, ditargetkan mencapai 2,7 juta orang. Pendaftaran diharapkan rampung hingga akhir Maret 2021.

"Target peserta adalah 2,7 juta, ini diharapkan bisa selesai dalam bulan Maret mendatang. Dan target peserta adalah 2,7 juta ini dengan anggaran Rp 10 triliun," ucapnya.

Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program ini:

1. Terbuka bagi semua WNI berusia 18 tahun ke atas.

Pendaftaran terbuka untuk pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan maupun pelaku wirausaha.

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

3. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (Data Terpadu Kesejahteran Sosial, Bantuan Subsidi Upah, maupun Banpres Produktif Usaha Mikro).

4. Bukan penerima Kartu Prakerja tahun 2020.

5. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, komisaris/direksi BUMN/BUMD, anggota DPR/DPRD, serta pihak lain yang diatur dalam Permenko 11/2020.

Berikut cara mendaftar yang dikutip dari Instagram @prakerja.go.id:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer.

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.

4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12 melalui SMS. (Rd/*)