Pemkab Pangandaran tutup sementara pantai Karapyak -->

Breaking news

News
Loading...

Pemkab Pangandaran tutup sementara pantai Karapyak

Monday, 1 November 2021

Penutupan dilakukan untuk memberi waktu evaluasi terkait tata laksana keselamatan wisatawan, (dok. istimewa).


Pangandaran - Seorang pelajar yang juga wisatawan yang tewas tenggelam di Pantai Karapyak mendapat perhatian serius dari Pemkab Pangandaran. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata memutuskan untuk menutup sementara objek wisata pantai tersebut.


Penutupan dilakukan untuk memberi waktu evaluasi terkait tata laksana keselamatan wisatawan. "Kita akan audit, terus SOP nya mau seperti apa. Kenapa meninggal, mungkin anak-anak pergi ke pantai. Kan mereka nggak tahu kondisi di pantai Karapyak. Jadi untuk sementara ditutup dulu," kata Jeje, Senin (1/11/2021).


Dia mengatakan dalam beberapa bulan terakhir sudah ada dua kasus kecelakaan yang menimpa wisatawan pantai Karapyak. "Karena sudah beberapa bulan ini sudah dua kasus yang terjadi di pantai Karapyak," ucap Jeje.


Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Pangandaran AKP Sugianto menegaskan berenang di pantai pantai Karapyak sangat berbahaya. "Kami bersama pihak terkait sudah memasang peringatan larangan berenang dan terus menyosialisasikan kepada wisatawan. Termasuk meminta pelaku wisata untuk sama-sama mengawasi wisatawan," ujar Sugianto.


Menurut dia, pantai Karapyak sangat berbahaya untuk aktivitas berenang karena pantainya berupa hamparan karang yang berlubang. "Hamparan karang berlubang, batuannya tajam. Ketika datang ombak lalu terjatuh atau terpeleset bisa sangat fatal. Lubang di karang juga sangat berbahaya, karena bisa membuat kita terjebak," tutur Sugianto.


Sementara itu, tim SAR gabungan dari berbagai instansi masih terus melakukan pencarian terhadap korban hilang akibat tenggelam di Pantai Karapyak Pangandaran. Korban diketahui bernama Muhammad Usamah Salahudin, seorang pelajar berusia 13 tahun asal Kota Banjar.


"Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian keberadaan korban pagi ini. Mudah-mudahan bisa segera ditemukan," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Pangandaran AKP Sugianto, Senin (1/11/2021).


Kejadian tersebut berlangsung pada Minggu (31/10). Kecelakaan yang menimpa Usamah ini menambah panjang daftar wisatawan yang mengalami kecelakaan tenggelam di Pantai Karapyak. (rs/ana)