Ternyata oh ternyata Giring,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Ternyata oh ternyata Giring,..

Wednesday 29 December 2021


Jagat media sosial Twitter diramaikan soal Giring Ganesha drop out dari Universitas Paramadina, dok. istimewa (29/12).


Jakarta - Setelah menyinggung pembohong pecatan Presiden Joko Widodo (Jokowi), latar belakang pendidikan Ketua Umum PSI Giring Ganesha diviralkan. Giring diviralkan drop out (DO) dari Universitas Paramadina, kampus tempat dosennya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. PSI heran dengan kasus viral ini.


Untuk diketahui, jagat media sosial Twitter diramaikan soal Giring Ganesha drop out dari Universitas Paramadina. Screenshot atau tangkapan layar PDDikti menampilkan status mahasiswa Giring, yakni 'dikeluarkan' dari Universitas Paramadina program studi Ilmu Hubungan Internasional beredar di Twitter. Giring adalah mahasiswa semester ganjil 2017 pindahan.


Juru bicara PSI Ariyo Bimmo mengaku heran dengan diviralkannya status mahasiswa Giring. Ariyo berharap pernyataan Giring ditanggapi secara proporsional, bukan menyerang pribadi.


"Saya heran mengapa tanggapannya menjadi ad hominem? Mengapa tidak didebat saja argumentasi PSI mengenai pemimpin 2024? Apakah ini karena apa yang disampaikan Giring tidak bisa dibantah sehingga harus masuk ke soal-soal seperti ini?" kata Ariyo saat dihubungi, Selasa (28/12/2021).


PSI heran apakah sosok tidak selesai kuliah tidak boleh menjadi pemimpin dan mengajukan kriteria pemimpin idaman. Dia menegaskan antara pendidikan dan kepemimpinan tak selalu berkorelasi.


"Bila benchmark-nya negara demokrasi lain, John F Kennedy juga tidak selesai sekolahnya," kata Ariyo.


Ariyo kemudian berbicara aktivitas Giring di industri musik. Dia menyebut anak muda seperti Giring bebas memilih dalam hidupnya.


"Ketika itu juga aktivitas di musik Giring sedang banyak-banyaknya. Wajar ketika anak muda sudah mengenal uang, independen, dan mandiri harus memilih prioritas," ujar Ariyo.


"Pilihan-pilihan seperti ini biasa dalam kehidupan anak muda. Mark Zuckerberg saja salah satu orang terkaya di dunia pernah DO, Bill Gates pun pernah di-DO. Tidak ada yang bilang Zuck dan Gates bodoh, tapi mereka punya prioritas pada suatu masa dalam hidupnya," imbuhnya.


Selain itu, Ariyo menyebut Giring punya mimpi untuk anak-anak Indonesia. Apa itu?


"Giring Ganesha punya harapan agar anak muda Indonesia, terutama yang berhasil menyelesaikan kuliahnya, sudah punya rencana dan prioritas juga. Agar harapan harapan orang tua mereka yang menyekolahkan tidak sia-sia," kata Ariyo.


Penjelasan Universitas Paramadina


Dr Fatchiah Kertamuda, Wakil Rektor Universitas Paramadina, buka suara soal viral Giring DO dari kampusnya. Fatchiah menjelaskan soal studi Giring hingga dinyatakan drop out.


"Tahun 2002, Giring terdaftar pertama sebagai mahasiswa, namun tidak dapat menyelesaikan studinya. Pada 2017, beliau mendaftar kembali sebagai mahasiswa pindahan, namun tetap tidak dapat menyelesaikan studinya. Dan berdasarkan SK semester genap 2020-2021 dinyatakan statusnya pemberhentian sebagai mahasiswa," kata Fatchiah saat dihubungi.


Fatchiah juga menjelaskan status Anies di Universitas Paramadina. Mantan Rektor Paramadina itu masih tercatat sebagai dosen namun saat ini cuti.


"Beliau (Anies) masih tercatat sebagai dosen di Magister HI, namun saat ini sedang cuti karena bertugas sebagai pejabat pemerintah," katanya. (dw/*)