KPK periksa saksi terkait proyek di Kabupaten PPU, Bupati nonaktif Abdul Gafur Mas'ud,... -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

KPK periksa saksi terkait proyek di Kabupaten PPU, Bupati nonaktif Abdul Gafur Mas'ud,...

Tuesday, 22 February 2022

dok. istimewa/ KPK mencecar saksi soal peran Abdul Gafur untuk menentukan pemenang tender lelang proyek dengan syarat pemberian fee, (22/2).


Jakarta - KPK telah memeriksa Kasubag Pengadaan Barang dan Jasa Bagian Unit Layanan Pengadaan (PBJ ULP) Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Halim, sebagai saksi kasus dugaan suap yang menjerat Bupati PPU nonaktif Abdul Gafur Mas'ud. KPK mencecar saksi soal peran Abdul Gafur untuk menentukan pemenang tender lelang proyek dengan syarat pemberian fee.


"Yang bersangkutan hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan proses tender lelang berbagai proyek di Kabupaten di PPU, di mana diduga ada andil aktif tersangka AGM (Abdul Gafur) untuk menentukan pemenang tender dan persyaratan pemberian fee berupa sejumlah uang atas penunjukan pemenang tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (22/2/2022).


Pemeriksaan saksi dilakukan pada Senin kemarin (21/2) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Abdul Halim diperiksa untuk tersangka Abdul Gafur dkk.


Abdul Gafur Mas'ud sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek pembangunan jalan bersama dengan Plt Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. KPK pun akan menyusuri ada tidaknya aliran dana suap ke partai.


Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan sejatinya, kepala daerah bukan tidak mungkin akan berafiliasi dengan partai politik. Abdul Gafur pun diketahui saat ini adalah kader Partai Demokrat.


"Kita semua tahu bahwa kepala daerah itu semua terafiliasi dengan partai, kebetulan AGM ini juga dari Partai Demokrat," kata Alex dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/1).


Kemudian, kata Alex, di Kalimantan Timur saat ini tengah ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat. Abdul Gafur, sebut Alex, menjadi salah seorang kandidat calon ketua di sana.


"Dan betul tadi yang disampaikan di sana sedang ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat di Kalimantan Timur, salah satu calonnya adalah AGM," kata Alex. (dw/*)