Akibat Tertimbun Material Longsor Jalan Penghubung Dusun Lebaksari - Sukamaju Lumpuh -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Akibat Tertimbun Material Longsor Jalan Penghubung Dusun Lebaksari - Sukamaju Lumpuh

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Tuesday, 15 November 2022

 



Malang, - Jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Ampel gading kabupaten malang, tepatnya di Dusun Lebak sari dan dusun sukamaju B , Desa Lebak Harjo, Kecamatan Ampel gading, Kabupaten malang, Jawa Timur, tertimbun material bebatuan besar dan tanah longsor. Hal ini menyusul terjadinya hujan deras di wilayah setempat, 15 November 2022, 13:42 WIB.


Akibat timbunan material longsor tersebut, akses yang menghubungkan wilayah pegunungan di wilayah ini tertutup untuk sementara waktu.

 

Diperkirakan timbunan longsor tersebut sudah terjadi selama 10 hari kebelakang, kata pak RT dan pak canda ( warga setempat ), saat dikonfirmasi wartawan media ini langsung bertatap muka dilokasi longsoran, selasa, (15/11/2022), 



Ia mengatakan timbunan material longsor tersebut mengakibatkan ekonomi lumpuh total karena mobil tidak dapat melintas untuk mengangkut logistik dan hasil bumi dari petani untuk dibawa  ke pasar, bahkan anak anak sekolahpun kesulitan untuk melintas menggunakan roda dua, akibatnya banyak anak anak yang memutuskan untuk libur sekolah.


Ditempat terpisah kepala desa Lebakharjo Sumarno saat dikonfirmasi mengatakan, Pihaknya telah menyampaikan kepada BPBD dan dinas dinas terkait untuk meminta bantuan agar longsor segera bisa ditangani, sejak hari pertama terjadi longsor namun sampai hari ini belum ada tindakan dari dinas dinas terkait. Sambil menunggu bantuan dari atas kami melakukan upaya gotong royong bersama warga untuk membersihkan material longsoran semampunya, dengan peralatan seadanya. Proposal pembangunan terkait jembatan, tanggul, dan segala infrastruktur yang rusak juga sudah saya ajukan. Semoga segera ditanggapi dan direalisasikan.


"Diperkirakan longsor  terjadi di beberapa titik " katanya.


Sementara itu, kepala bidang, dinas BPBD kabupaten kabupaten malang Andri menyebut, Lambannya penanganan longsong di desa Lebak harjo diakibatkan semua alat berat sibuk menangani bencana di daerah lain dan karna minimnya jumlah alat berat dan minimnya anggaran serta masih menunggu dukungan dari dinas bina marga dan dinas dinas terkait yang lainya tuturnya.( Dir)