Hindari Pencurian Data (Doxing) Hapus segera di pencarian, begini caranya,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Hindari Pencurian Data (Doxing) Hapus segera di pencarian, begini caranya,..

Tuesday 3 May 2022

dok. ilustrasi, ist/ Doxing sendiri adalah tindakan mengungkapkan informasi pribadi seseorang secara online, (3/5/2022).


Jakarta - Publik kini dapat meminta informasi pribadinya untuk dihapus dari halaman pencarian Google. Aturan baru ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk menghindari Doxing atau pencurian data lain.


"Selama bertahun-tahun, pengguna dapat meminta penghapusan informasi sensitif tertentu yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari Penelusuran - misalnya, dalam kasus doxing, atau informasi seperti nomor rekening bank atau kartu kredit yang dapat digunakan untuk penipuan keuangan," kata Google dalam laman resmi.


Doxing sendiri adalah tindakan mengungkapkan informasi pribadi seseorang secara online, seperti nama asli, alamat rumah, tempat kerja, telepon, keuangan, dan berbagai informasi pribadi lainnya. Informasi itu kemudian diedarkan ke publik tanpa seizin korban.


Atas dasar keamanan privasi pengguna, Google kini memperbarui kebijakan tersebut dan memasukkan beberapa informasi tambahan.


"Di bawah perluasan kebijakan baru ini, orang-orang kini dapat meminta penghapusan jenis informasi tambahan saat mereka menemukannya di hasil Penelusuran, termasuk informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik," tulisnya.


"Kebijakan ini juga memungkinkan penghapusan informasi tambahan yang dapat menimbulkan risiko pencurian identitas, seperti kredensial log in rahasia, saat muncul di hasil Penelusuran," tambahnya.


Sebagai tambahan, Google juga mempertimbangkan permintaan penghapusan konten gambar dari golongan minoritas, konten porno yang dibuat oleh teknologi deepfake, dan berbagai konten eksplisit lain.


Meski demikian, menghapus konten dari halaman pencarian Google tidak serta merta menghilangkan konten dari jagat maya. Untuk menghilangkan konten sepenuhnya dari internet, pengguna perlu menghapus dari situs yang bersangkutan.


Dilansir dari Wired, berikut cara meminta Google menghapus data pribadi dari halaman pencarian untuk menghindari doxing:

1. Buka halaman bantuan Google 

2. Scroll ke bagian bawah dan klik Start removal request

3. Jawab pertanyaan yang muncul di layar. Ketika ada pertanyaan untuk menghubungi pemilik website, jawab "No, I prefer not to".

4. Pilih Personal info, like ID numbers and private documents

5. Pilih informasi pribadi mana yang ingin dihapus

6. Jelaskan apakah informasi pribadi digunakan untuk doxing atau tidak

7. Isi nama lengkap, negara domisili, dan email.

8. Isi link konten atau gambar yang ingin dihapus

9. Masukkan informasi tambahan (jika ada)

10. Submit permintaan


Anda dapat mengirimkan hingga seribu links dalam satu kali permintaan. Pada saat permintaan, Anda akan diminta memasukkan URL konten atau gambar yang ingin dihapus. Anda juga dapat memasukkan screenshot dari konten yang ingin dihapus.


Itu adalah cara meminta Google untuk menghapus informasi pribadi dari halaman pencarian untuk menghindari doxing dan pencurian data. (dw/*)