Untuk Cawapres 2024, Anies diberi keleluasaan untuk menentukan siapa pendampingnya? -->

Breaking news

Live
Loading...

Untuk Cawapres 2024, Anies diberi keleluasaan untuk menentukan siapa pendampingnya?

Wednesday 19 October 2022

dok. istimewa/ "Saya rasa tidak ada ketentuan, tapi saya melihat tiga kriterianya, satu, memberikan kontribusi dalam pemenangan. Kedua, membantu memperkuat stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif" (19/10).


Jakarta - Anies Baswedan diberikan keleluasaan oleh Partai NasDem menentukan calon wakil presiden (cawapres) untuk 2024. Anies pun membeberkan tiga kriterianya.

"Saya rasa tidak ada ketentuan, tapi saya melihat tiga kriterianya, satu, memberikan kontribusi dalam pemenangan. Kedua, membantu memperkuat stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif," ucap Anies usai menghadiri acara launching program 'NasDem Memanggil' di NasDem Tower Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/10).


Anies mengatakan tiga kriteria itu yang menjadi faktor untuk memilih pendampingnya di Pilpres 2024 nanti. Namun Anies mengatakan belum ada sosok yang memenuhi 3 kriteria itu.


"Tiga ini yang menjadi faktor dan memang belum ada," kata Anies.


Meski belum menemukan cawapres yang sesuai kriterianya, Anies mengatakan tidak terburu-buru. Dia menyebut masih banyak waktu untuk mencari calon yang tepat.

"Pertama waktunya masih panjang, jadi kita tidak terburu-buru menentukan," ujar dia.


Selain itu, Anies mengatakan saat ini proses pembentukan koalisi masih berjalan. Sehingga menurutnya, proses penentuan pasangan dapat dilakukan dengan seksama.


"Kemudian yang kedua proses pembentukan koalisi masih berjalan. Jadi saya rasa akan lebih bijak apabila proses penentuan pasangan itu dilakukan secara seksama dan bukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," tuturnya. (dw/*)