Program Kurikulum Merdeka Sudah Berjalan Lancar di SMA N 1 Tempeh Lumajang -->

Breaking news

Live
Loading...

Program Kurikulum Merdeka Sudah Berjalan Lancar di SMA N 1 Tempeh Lumajang

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM

(dok. istimewa 29/11).


Lumajang- Pada acara memperingati hari Guru Nasional tahun 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Nadiem Anwar Makarim mengajak untuk semua Guru untuk berubah, meninggalkan kebiasaan kebiasaan lama yang tidak lagi  sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman," ujarnya.


Hal ini juga di dorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan," imbuhnya.


Mungkin di antara kita sampai hari ini masih  ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman, jika masih nyaman itu artinya kita tidak berubah," tuturnya.



Sebenarnya bukan hanya guru yang terus di dorong untuk berubah. Kami di kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik," harapnya.


Platform Merdeka Mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Platform tersebut kami buat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan kami, ini adalah perubahan besar cara kerja  pemerintah dalam melayani masyarakat," imbuhnya.


Saya berterimah kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna Platform Merdeka Mengajar, yakni para guru  yang mau mencoba hal hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi," ungkap Nadiem Anwar Makarim.


Salah satu contoh yang sudah mulai menggunakan Platform Merdeka Mengajar( kurikulum Merdeka ) yaitu SMA N 1 Tempeh kabupaten Lumajang, yang di pimpin oleh Kepala Sekolah  Hasito, S, Pd.          


Beliau sudah menjalankan kurikulum merdeka pada semester 1 tanggal 9 juli- Desember 2022 sementara untuk kelas 10 saja, berubah sesuai program pemerintah supaya mengikuti, menjalankan dengan aktif, kreatif, inovatif," imbuhnya


Pada kurikulum merdeka ini supaya anak anak aktif dalam pembelajaran dan penekanannya untuk di lahirkan anak anak dengan ciri ciri profil pancasila," harapnya.


Ciri utama pada kurikulum merdeka ini ada program projek, projek ini memberi bekal atau keterampilan praktek langsung, contohnya pada semester 1 ini di beri bekal masalah pertanian komplit mulai dari pembibitan, penanaman dan perawatan juga penjualannya, di semester 2 nantik beda lagi pembekalannya," ungkap Hasito (Fz)