Cuaca ektrim, masyarakat di himbau ikuti yang di sampaikan BMKG -->

Breaking news

Live
Loading...

Cuaca ektrim, masyarakat di himbau ikuti yang di sampaikan BMKG

Wednesday 28 December 2022

dok. istimewa (28/12) BMKG menyebutkan penyebab cuaca ekstrem selama Desember 2022.


Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkait cuaca ekstrem yang melanda Indonesia. Jokowi meminta masyarakat mengikuti semua hal yang disampaikan BMKG.


"Ikuti semua informasi dan ikuti semua yang disampaikan oleh BMKG," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022).


Seperti diketahui, hujan melanda berbagai wilayah di Indonesia selama beberapa hari berturut-turut. Hujan yang tak kunjung berhenti ini berpotensi menimbulkan banjir hingga badai. Di samping itu, pihak BMKG mengungkapkan alasan terjadinya cuaca esktrem selama bulan Desember 2022.


BMKG menyebutkan penyebab cuaca ekstrem selama Desember 2022. Dilansir situs BMKG, ada beberapa analisis yang dilakukan oleh pihak BMKG terkait cuaca ekstrem di Indonesia akhir-akhir ini, antara lain:


1.Peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan.


2. Intensifikasi seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.


3. Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.


4. Terpantaunya beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di bagian tengah dan timur.


Sementara itu, Humas BMKG melalui akun Twitter @InfoHumasBMKG memberikan peringatan tentang potensi hujan lebat selama akhir tahun 2022 dan menjelang tahun baru 2023. Informasi tersebut berlaku di seluruh wilayah Indonesia.


"BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023," tulis BMKG lewat akun Twitter resmi @InfoHumasBMKG, Selasa (27/12).

(dw/*)