Desa Rowokangkung Lumajang Mejadi Desa Terakhir Yang Mendapat Giliran Uji Fungsi Program Pamsimas Tahun 2022 -->

Breaking news

Live
Loading...

Desa Rowokangkung Lumajang Mejadi Desa Terakhir Yang Mendapat Giliran Uji Fungsi Program Pamsimas Tahun 2022

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Friday 2 December 2022

Foto : Pelaksanaan Uji Fungsi Desa/Kecamatam Rowokangkung, Kabupaten Lumajang


Lumajang – Hari ini Desa /Rowokangkung menjadi desa terakhir mendapat giliran Uji Fungsi dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman ( DPKP ) Lumajang. Program ini dengan menggunakan sistem Artesis.

Suatu program dengan cara mengalirkan air keatas melalui sumur.


Pelaksanaan Uji Fungsi  Program Pamsimas Tahun 2022 Desa Rowokangkung berjalan degan lancar.

Uji Fungsi dilakukan  oleh Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) didampiingi Kepala Desa Rowokangkung Totok Hariyanto, Ketua Popmas beserta anggota dan staf desa Rowokangkung


Setidaknya ada 125 Saluran Rumah ( SR ) terpasang melalui program Air Minum dan Sanitasi ( Pamsimas ) di Desa/Kecamatan Rowokangkung , Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Program yang pelaksaan selama empat bulan.


Adapun program Air Minum dan Sanitasi untuk Desa Rowokangkung menggunakan alokasi dana APBD sebesar 245 juta dan untuk Kabupaten Lumajang sendiri ada 8 Desa yang tercover program Pamsimas tahun 2022.


Ketua Kelompok Masyarakat  ( Pokmas )

Desa Rowokangkung Haris Fathurokhman pada media ini, Jumat (02/12/2022) mengatakan, syukur Alhamdulillah program Pamsimas sudah dilakukan berjalan dengan lancar dan sukses.


Sehingga kebutuhan akan air bersih terpenuhi, kedepan tidak ada lagi warga Desa Rowokangkung yang mandi di sungai. Nantinya pengolahan air bersih dikelola melalui kelompok masyarakat secara langsung akan menambah income penghasilan asli Desa,” ujarnya.


Haris pangggilan akrab Ketua Kelompok Masyarakat ( Popmas ) progam Pamsimas Desa Rowokangkung kedepan akan memaksimalkan penggunaan air bersih sesuai dengan kebutuhan.


"Terpenting manajemen pengolahan terkelola dengan baik. Sebayak apapun sumber mata air tapi tidak dikelola dengan baik tidak akan mencukupi,” tambahnya.


Tempat yang sama Kepala Desa Rowokangkung Totok Heriyanto, kami selaku pihak desa selalu mendukung program yang diberikan pemkab Lumajang melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk pengadaan air bersih layak minum. Kedepan program ini terus berkelanjutan, sehingga tarap hidup masyarakat akan lebih baik.


Sementara Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) Tri Rahmawati, ST., secara keseluruhan progam hibah air minum pedesaan disini masuk dalam katagori bagus dan baik karena proges sudah  rampung.


"Hasil pelaksanaan Uji Fungsi  secara garis besar bagus, semua saluran bisa konek. Sehingga progam Pamsimas ini bermanfaat bagi warga Desa Rowangkung meskipun  masih ada yang perlu diperbaiki,” imbuhnya.


Dari 125 warga Desa  Rowokangkung yang mendapatkan program Pamsimas tahun 2022 berada di dusun Krajan Timur, dengan mengambil mata air  menggunakan sistem Atesis. Kedepan rencana perluasan ke dusun lain dengan memanfaatkan prrogram pamsimas.


Untuk selanjutnya dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman ( DPKP ) Lumajang akan menyerahkan  ke KP.SPAM Desa Rowokangkung.

Sedangkan untuk masyarakat pengguna progam Pamsimas dikenakan tarip cukup murah yang akan disesuaikan dekebutuhan.

( Dyah )