Awasi tahapan pemilu Bawaslu Jayapura libatkan masyarakat -->

Breaking news

Live
Loading...

Awasi tahapan pemilu Bawaslu Jayapura libatkan masyarakat

Saturday 17 June 2023

dok. istimewa (17/6) Para-Para Bawaslu merupakan wadah sosialisasi guna membuka wawasan masyarakat tentang tahapan dalam pelaksanaan pemilu dan menjadi pemilih cerdas.


Jakarta - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Jayapura melibatkan masyarakat guna mengawasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Ketua Bawaslu Jayapura Zacharias S.Y Rumbewas kepada di Sentani, (17/6), mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar program Para-Para Bawaslu yang bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan pemilu.


“Para-Para Bawaslu merupakan wadah sosialisasi guna membuka wawasan masyarakat tentang tahapan dalam pelaksanaan pemilu dan menjadi pemilih cerdas,” katanya.


Menurut Zacharias, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam mengawasi tahapan pemilu 2024 Kabupaten Jayapura.


“Melalui Para-Para Bawaslu masyarakat akan mendapatkan pemahaman dasar tentang pemilu dan pencegahan dini terhadap kerawanan pemilu,” ujarnya.


Dia menjelaskan jika masyarakat minim pemahaman tentang politik praktis sering tidak berfikir rasional dan lebih memikirkan kepentingan jangka pendek, sehingga terkadang apa yang dipilih tidak sesuai dengan harapan.


“Kami berharap masyarakat setelah mendapatkan pemahaman yang baik dapat memberikan edukasi kepada keluarga dan lingkungan sekitar tentang bahaya politik uang, ujaran kebencian dan berita bohong,” katanya lagi.


Dia menambahkan pihaknya memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran dengan mengimbau masyarakat untuk mematuhi tahapan pemilu yang telah di tetapkan.


“Ini sesuai Undang-Undang nomor 7/2017 pasal 93 (b), untuk mengoptimalkan tugas pencegahan tersebut maka perlu adanya partisipatif masyarakat,” ujarnya lagi. (ds/*)