Hasil Survei dan Adu Debat Capres Pecah di sesi tanya-jawab -->

Breaking news

Live
Loading...

Hasil Survei dan Adu Debat Capres Pecah di sesi tanya-jawab

Wednesday 13 December 2023

Dok. Istimewa (12/3/12)

Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil survei elektabilitas tiga capres-cawapres.


Jakarta - Adu pendapat akhirnya pecah saat sesi tanya jawab antar-capres berjalan. Dalam perhelatan politik nasional bertajuk debat capres ini, sejumlah gagasan disampaikan terkait tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.


Pada awalnya, pemaparan visi misi dibuka oleh calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan. Ia menyampaikan keresahannya soal kondisi hukum di Indonesia. Pada empat menit waktu paparan visi-misinya, Anies mengatakan sejatinya hukum harusnya tegak dan tidak tumpul ke bawah.


"Pada saat ini kalau kita lihat hukum harusnya tegak begini, inilah hukum, dalam kenyataannya bengkok. Dia tajam kebawah tumpul ke atas dan kondisi ini tidak boleh didiamkan, tidak boleh dibiarkan dan harus berubah," kata Anies saat menyampaikan visi misi saat debat perdana Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakpus, Selasa (12/12/2023).
Sementara itu capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan, dirinya menjadikan proses penegakkan hukum, HAM, hingga perbaikan pelayanan pemerintah sebagai prioritas. Hal tersebut menjadi fokus pemerintahan Prabowo-Gibran jika terpilih jadi pemimpin bangsa.


"Kami menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi, perlindungan terhadap semua kelompok masyarakat, sebagai sesuatu yang sangat penting. Karena itu dalam visi-misi kita, hal-hal ini ditaruh di paling atas," kata Prabowo.


Prabowo juga mengatakan sejak muda dirinya telah mengangkat sumpah untuk membela Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan perjuangan dan pertaruhan nyawa.


"Itulah perjuangan saya selama ini, saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, Hukum dan HAM," kata Prabowo.


Ganjar Pranowo, capres nomor urut 03 dalam visi misinya menyampaikan keseriusannya dalam penumpasan korupsi. Ia menambahkan bahwa Mahfud MD, cawapresnya, selama ini telah mengeksekusi masalah korupsi dengan baik.


"Pak Mahfud adalah mitra saya yang selama ini sebagai Menko Polhukam mengeksekusi itu dengan baik. Pak Mahfud adalah mitra saya yang selama ini sebagai Menko Polhukam mengeksekusi itu dengan baik," kata Ganjar.


Saling serang pendapat tidak terelakkan saat Prabowo menyanggah pendapat Anies tentang tema penguatan demokrasi Indonesia. Ia mengungkit kembali saat ia dan partainya mengusung Anies dalam pilgub DKI hingga akhirnya Anies pun menduduki jabatan itu.


Seakan tidak mau terkena skak mat, Anies pun balas mengkritik Prabowo tentang posisinya di pemerintahan. Ia mengatakan, Prabowo tidak kuat berada di sisi oposisi sehingga akhirnya ikut dalam arus penguasa.


"Seperti disampaikan pak prabowo, dia tidak tahan menjadi oposisi dan apa yang terjadi? Beliau sendiri menyampaikan bahwa tidak berada dalam kekuasaan membuat tidak berbisnis karena itu harus berada dalam kekuasaan," ujarnya.


Jelang tontonan debat ini berlangsung, sejumlah lembaga survei telah merilis hasil survei elektabilitas tiga capres-cawapres.


Litbang Kompas merilis survei terbaru terkait elektabilitas capres-cawapres pada periode 29 November hingga 4 Desember 2023. Hasilnya Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3% suara, Anies-Muhaimin 16,7% dan Ganjar-Mahfud 15,3%. Sedangkan 28,7% belum menentukan pilihannya.


Sementara itu, berdasarkan rilisan Lembaga survei LSI Denny JA dengan periode survei 20 November-3 Desember 2023, Prabowo-Gibran tertinggi di angka 42,9%. Posisi kedua Ganjar-Mahfud di angka 24,9%. Posisi ketiga Anies-Muhaimin 24,0%.


Terbaru, Lembaga Survei Populi Center juga merilis survei terbaru yang dilakukan pada 28 November hingga 5 Desember 2023. Hasil survei menunjukkan Prabowo-Gibran di posisi pertama di angka 46,7%. Posisi kedua Ganjar-Mahfud 21,7% dan Anies-Muhaimin 21,7%.
(Dw/*)