Penyaluran Bansos jadi sorotan, harus tepat sasaran disalurkan dalam bentuk uang -->

Breaking news

Live
Loading...

Penyaluran Bansos jadi sorotan, harus tepat sasaran disalurkan dalam bentuk uang

Thursday 8 February 2024

Dok. Ilustasi. Istimewa (8/2) Nurul Ghufron: Bansos bukan berupa barang, tapi berupa uang, dan uangnya disalurkan melalui kantor pos/bank. Hal bertujuan agar bansos efektif mencapai tujuan, tepat sasaran dan efisien dalam proses distribusinya.


Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekomendasikan agar bantuan sosial (bansos) disalurkan dalam bentuk uang melalui transfer bank atau via kantor pos sebagai salah satu langkah pencegahan korupsi.


"Bansos bukan berupa barang, tapi berupa uang, dan uangnya disalurkan melalui kantor pos/bank. Hal bertujuan agar bansos efektif mencapai tujuan, tepat sasaran dan efisien dalam proses distribusinya," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, (7/2).


Ghufron menerangkan rekomendasi tersebut diberikan untuk menutup celah korupsi agar bantuan sosial tersebut tidak menjadi salah satu bentuk politik uang.


Ia  mengatakan KPK merekomendasikan bansos disalurkan dengan basis data terbaru yang valid.


"KPK telah memberikan rekomendasi dan membuat komitmen bersama pemerintah untuk tidak membuka peluang tindak pidana korupsi dan politik uang dalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat," ujarnya. (Dw/*)