Terbaru: Elektabilitas nomor urut 02 paling unggul berdasarkan survei -->

Breaking news

Live
Loading...

Terbaru: Elektabilitas nomor urut 02 paling unggul berdasarkan survei

Sunday 11 February 2024

Dok. Istimewa (11/2) Mayoritas lembaga survei menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.


Jakarta - Pemungutan suara Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Berikut potret elektabilitas ketiga paslon presiden 2024 berdasarkan hasil survei terbaru. Dilansir dari detikcom, Sabtu (10/2/2024), mayoritas lembaga survei menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibandingkan dua paslon lainnya.


Sementara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berada di posisi kedua. Di urutan buncit ialah paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Berikut rangkumannya:


1. Lembaga Survei Indonesia


Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres 2024 menjelang pilpres. LSI membuat simulasi surat suara pilpres.


Survei dirilis Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan di Double Tree Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024). Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan responden 1.220.


Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling). Survei dilakukan pada 29 Januari hingga 5 Februari 2024. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.


Dalam survei simulasi surat suara pilpres, responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan nama berikut ini?'.


Berikut hasilnya:

01. Anies Baswedan-Muhaimin: 23,3%

02. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 51,9%

03. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 20,3%

Tidak tahu/tidak jawab: 4,4%.


LSI juga menanyakan responden dengan simulasi tertutup dua pasangan. Dalam survei ini, Prabowo-Gibran akan unggul melawan Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud.


Berikut simulasi tertutupnya:

Simulasi A

Anies-Muhaimin: 27,3%

Prabowo-Gibran: 61,6%

Tidak tahu/tidak jawab:11,0%


Simulasi B

Ganjar-Mahfud: 26,0%

Prabowo-Gibran: 60,0%

Tidak tahu/tidak jawab 13,9%


2. Lembaga Survei Nasional


Lembaga Survei Nasional (LSN) turut merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres 2024. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memperoleh suara di survei ini hingga 51,9%.


Survei ini dirilis, Sabtu (10/2/2024). Survei dilakukan pada 4-9 Februari 2024 di 38 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei ini 1.200 responden.


Margin of Error (MoE) +/- 2,83%. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95%.


Adapun pengumpulan data survei ini dilakukan dengan menggunakan telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan pedoman kuesioner. Survei ini juga dilengkapi dengan penelusuran data percakapan warganet (netizen) melalui media monitoring diri sebagai platform media sosial.


Responden diberi pertanyaan 'seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini pasangan manakah yang Anda pilih?'. Berikut hasilnya:


01. Anies Baswedan-Muhaimin: 24,3%

02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 51,9%

03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 18,7%

Undecided: 5,1%.


Dalam survei ini juga diperlihatkan hasil swing voters dan loyal voters pada Pilpres 2024. Hasilnya, 72,7% mengaku mantap dengan pilihannya, kemudian 15,8% belum mantap, dan 11,5% mengaku tidak tahu.


"Dengan tingkat swing voters sebesar ini dapat dikatakan bahwa segala kemungkinan masih bisa terjadi pada Pilpres 2024 nanti, kendati peluang Prabowo-Gibran untuk menang satu putaran tetap terbuka lebar," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry saat memaparkan rilis survei secara daring.


3. Poltracking


Selanjutnya, Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei elektabilitas para paslon Pilpres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas dengan angka 50,9%.


Survei ini dilakukan pada 25 Januari-2 Februari 2024 dengan jumlah responden 1.220 di Indonesia. Margin of error (MoE) survei ini adalah +-2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden. Populasi survei warga di Indonesia yang sudah memiliki hak pilih berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah.


Responden diberi pertanyaan, 'Jika Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih di antara pasangan capres-cawapres berikut?'. Berikut hasilnya:


01. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,1%

02. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 50,9%

03. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 18,4%

Tidak tahu/tidak jawab: 5,6%


Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, mengatakan bahwa Prabowo-Gibran diprediksi bisa menang satu putaran. Namun, jika berlangsung dua putaran, Anies-Muhaimin lebih berpotensi masuk dibandingkan Ganjar-Mahfud.


"Kesimpulan yang dapat saya sampaikan posisi terakhir pilpres, kalau pilpres berlangsung dalam satu putaran kemungkinan yang akan menang adalah berdasarkan survei ini cukup konklusif yang akan menang paslon nomor 2 Prabowo-Gibran," ujar Hanta.


"Tapi kalau pilpres berlangsung dalam dua putaran maka Prabowo-Gibran adalah paslon yang paling siap masuk di putaran kedua berhadapan dengan satu kandidat yang akan lolos antara Anies Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Tapi diantara dua itu Anies-Muhaimin relatif lebih berpotensi ketimbang Ganjar-Mahfud meskipun terpaut tidak terlalu jauh," tambahnya.


4. Polstat


Lembaga Political Statistics (Polstat) Indonesia merilis hasil survei elektabilitas peserta Pilpres 2024 menjelang 14 Februari. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli pasangan lainnya.


Survei ini digelar pada 4-7 Februari 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Populasi survei adalah seluruh WNI yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia minimal berusia 17 tahun atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.


Survei dilakukan melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic-random sampling)dengan margin of error ± 2,83%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknis wawancara melalui telepon (telesurvei) dengan pedoman kuesioner.


Responden terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan serta 60% penduduk pedesaan dan 40% penduduk perkotaan. Survei juga dilengkapi dengan penelusuran data percakapan warganet (netizen) melalui media monitoring dari berbagai platform media sosial.


Awalnya, responden diberikan pertanyaan 'Seandainya pilpres dilaksanakan saat ini pasangan manakah yang Anda pilih?'. Hasilnya sebagai berikut:

01. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 52,8%

02. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,5%

03. Ganjar Pranowo- Mahfud Md: 18,2%

Undecided voters: 2,5%


"Hasil survei Polstat Indonesia menunjukkan bahwa seandainya pilpres dilaksanakan saat ini, pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 52,8%. Kemudian diikuti oleh pasangan Anies-Cak Imin dengan elektabilitas 26,5% dan Ganjar-Mahfud Md 18,2%, sementara sebanyak 2,5% responden belum dapat menentukan pilihan (undecided voters)," kata Direktur Riset Polstat Apna Permana dalam konferensi pers, Kamis (8/2/2024).


Apna menyampaikan apabila tren elektabilitas seperti ini terus berlanjut, maka peluang Pilpres 2024 satu putaran semakin besar. Hal ini, kata dia, selaras dengan hasil survei terkait keinginan publik agar Pilpres 2024 berjalan satu putaran nyaris 70%.


"Dengan demikian, jika trend elektabilitas ini bertahan terus hingga 14 Februari 2024 nanti maka Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran saja. Sebagaimana diinginkan oleh mayoritas publik, Pilpres 2024 cukup berlangsung dalam satu putaran saja," ujarnya.


5. Populi Center


Populi Center merilis hasil survei simulasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Responden diminta memberikan jawaban paslon mana yang akan dipilih, sebanyak 52,5% responden memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.


Survei bertajuk 'Peluang Pemilu Satu Putaran' ini dirilis, Rabu (7/2/2024). Survei dilakukan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2024, jumlah responden 1.500 yang tersebar di 38 Provinsi secara proporsional berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).


Metode survei yang digunakan acak bertingkat atau multistage random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka melalui aplikasi survei Populi Center. Margin of error (MoE) survei ± 2,53% pada tingkat kepercayaan 95%.


Responden diberi pertanyaan 'Jika TIGA nama berikut menjadi capres 2024, siapakah yang akan Anda PILIH untuk menjadi presiden tahun 2024? (%)'. Berikut hasilnya:


01. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 22,1%

02. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 52,5%

03. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 16,9%

Belum memutuskan: 6,3%

Menolak menjawab: 2,2%.

(dw/*)