Breaking News

Desa Sukamaju Giat membangun bentuk Masyarakat Mandiri

Desa Sukamaju Giat membangun bentuk Masyarakat Mandiri


Lampung Utara, (MI)- Desa Sukamaju Kecamatan Bungamayang
Kabupaten Lampung utara (lampura) kian menggeliat saat ini, terlihat jelas pembangunan fasilitas umum hampir merata di tiap dusun, pembangunan di tahun 2017 lalu, hinga saat ini tahun 2018 semakin giat membangun Desa dan masyarakatnya selalu menciptakan gagasan menuju kemandirian (12/06).

Di temui di kantor Desa, Ai lke Sayaribanun.SE.  kepala desa  Sukamaju, menyampaikan ke awak media, "untuk pembangunan di desa sudah kami bentuk, pastinya hasil musyawarah  desa, (Musdes) dan (Musrembang) dan di susun dalam APBDes,  jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Karyadinata,S.Sos, selaku (Sekdes) dia menyampai kan,"awal pembangunan di desa Sukamaju mulai kami kerjakan beberapa hari dari pencairan tahapan pertama untuk DD yang 20 %,"pastinya doong Swakelola dan pemberdayaan" jelas nya.

Sugeng Supriyono, selaku Kasi Pembangunan, memaparkan "pekerjaan yang sedang berjalan hingga saat ini ada beberapa aitem, di antara nya, pembuatan 8, unit gorong-gorong yang letak nya berada di beberapa dusun, di dusun 1, 2,3, dan dusun 4, ada juga rehab sumur bor, 1 unit, terletak di kantor desa, dan penambahan  ruangan dapur kantor desa, Lanjut dia "karena dapur kantor memang begitu kecil 1.5 cm dan ketika ada kegiatan ribet sempit, buatlah senyaman mungkin tempat kita bekerja agar kita nyaman, ketika melayani masyarakat di desa" tutur Sugeng.

Ai ike Saribanon melanjut kan
"Alham dulilah pembangunan didesa Sukamaju,mencapai  70 % pengerjaan nya, dari tahap pencairan dana DD yang 20 %, Sementara untuk padat karya,  saya prioritaskan untuk prasarana fasilitas umum olahraga "karena di sinilah kita bisa menggali potensi bakat terpendam generasi-generasi muda di desa Suka Maju, karena tidak menutup kemungkinan nantinya merekalah yang mengangkat nama provinsi Lampung, di daerah kabupaten kusus nya Desa Suka Maju,  ucap kepala desa.

Lanjut Ai ike saribanon, selain dari pengalokasian dana untuk Padat Karya, skala prioritas guna  membentuk suatu desa agar dapat mandiri nantinya, melalui BUMDES, alokasi bumdes, kami cendrung dalam hal pelayanan dan penyediaan kebutuhan masyarakat desa Sukamaju seperti pembayaran tagihan listrik, penyediaan tabung gas 3. kg, (agen tabung gas desa Suka Maju)

Baca juga : Lagi-lagi Pencairan Dana PIP kena Potongan

Sehingga" nantinya masyarakat  semakin berkembang dan terbantu maju sehingga, dapat menambah penghasilan, meningkat kan tarap hidup yang berkesinambungan, membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan, Pokok program besar pemerintah melalui dana DD/ADD. (yudi)
Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...