Upacara Penurunan Bendera di Gedung Grahadi, Surabaya -->

Breaking news

Live
Loading...

Upacara Penurunan Bendera di Gedung Grahadi, Surabaya

Monday 17 August 2020


Upacara yang yang dipimpin Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa.

Surabaya - Masih dalam rangkaia peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E, menghadiri Upacara Penurunan Bendera di Gedung Grahadi, Surabaya, Senin (17/8) petang.

Upacara yang yang dipimpin Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa tersebut, dihadiri Pangdam V Brawijaya, KS Koarmada ll, Kapolda Jatim, Dirdik Kodiklatal, Pangdiv Kostrad dan tamu undangan lainnya.

Prosesi penurunan bendera Merah Putih kali ini, dilakukan oleh tiga pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dilakukan tepat pukul 17.00 sore ini.

Tiga Paskibraka tersebut langsung memberikan bendera pusaka merah putih ke Gubernur Jatim yang kemudian bendera Pusaka merah putih disimpan di dalam kotak.

Setelah prosesi penurunan bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara ke inspektur upacara bahwa upacara telah dilaksanakan, lalu dilanjutkan pembubaran pasukan dan Guberbur kembali ke mimbar undangan yang kemudian mendengarkan lagu dari paduan suara yang telah disiapkan.

Upacara kali ini digelar terbatas karena pandemi covid 19, seperti undangan yang biasanya mencapai 3.500 orang. Namun sekarang hanya 120 undangan.

Gubernur Jatim pada beberapa kali kesempatan menjelang Hut RI ke 75 RI selalu berpesan kepada masyarakat atau rakyat agar tak pernah berhenti memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

Ia juga menyampaikan, ditengah pandemi Covid 19 Gubernur Jatim mengajak masyarakat merdeka dari virus tersebut dengan cara disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan.  

"Itu bagian dari cara kita melindungi diri, melindungi masyarakat. Ini juga bagian dari cara kita bela negara hari ini," pungkasnya