Ketahui SPBU Pertamina dari warnanya -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Ketahui SPBU Pertamina dari warnanya

Tuesday, 21 December 2021


SPBU Pertamina ada yang berwana merah, biru dan yang terbaru berwarna hijau, dok. istimewa (21/12).


Jakarta - SPBU Pertamina menjadi fasilitas umum yang kerap mudah dijumpai di tepi jalan raya. Meskipun jumlahnya ada banyak, SPBU Pertamina memiliki perbedaan pada tiap warnanya.


Jika diamati dengan seksama, SPBU Pertamina ada yang berwana merah, biru dan yang terbaru berwarna hijau. Namun masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan ketiga jenis SPBU tersebut.


Berikut adalah perbedaan SPBU Pertamina berdasarkan warna:


1. Merah


SPBU merah merupakan SPBU Pertamina Pasti Pas yang sudah ada sejak 2006. Perbedaan mencolok secara fisik dari SPBU merah adalah fasilitas yang disediakan.


SPBU Pertamina warna merah memiliki fasilitas standar yakni toilet, tempat ibadah, isi angin, atau minimarket. Warna dispenser di SPBU ini biasanya nozel berwarna hitam pada bagian bawah. Kemudian, pada seragam operator dan tiang pilar menggunakan warna merah.


2. Biru


SPBU berwarna biru adalah SPBUM Pertamina Pasti Prima yang diluncurkan sejak tahun 2015, terpatnya saat Direktur Marketing & Retail Pertamina dijabat oleh Ahmad Bambang.

SPBU ini memiliki fasilitas yang lebih banyak dari SPBU berwarna merah.


Mulai kafe, restoran cepat saji, ATM, bengkel, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas, elpiji juga nitrogen.


Layanan tersebut ada yang dikelola oleh pihak PT Pertamina, ada pula yang dikelola swasta. SPBU biru memangn diperuntukan sebagai SPBU yang siap memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen saat dalam perjalanan.


Perbedaan secara fisik lainnya adalah pada warna dispenser yang berwarna hijau. Warna seragam operator dan tiang pilar SPBU Pasti Prima mengombinasikan warna merah dan abu-abu.


3. Hijau


Pada bulan Sepetember 2021, PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 SPBU berkonsep ramah lingkungan di Indonesia.


SPBU berwarna hijau tersebut bernama Green Energy Station (GES).

Berbeda dengan SPBU pada umumnya, GES menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.


GES sendiri dihadirkan untuk mempercepat transisi energi fosil menuju energi ramah lingkungan.


Mengutip dari Kompas.com, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, PLTS memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU


Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III (Jawa bagian Barat) Eko Kristiawan mengatakan, SPBU berwarna biru merupakan SPBU Pasti Prima. Sementara SPBU berwarna merah adalah SPBU Pasti Pas. (dw/*)