Densus 88 Polri mengungkap karyawan PT KAI, tersangka teroris -->

Breaking news

Live
Loading...

Densus 88 Polri mengungkap karyawan PT KAI, tersangka teroris

Wednesday 16 August 2023

dok. istimewa (16/8) Tersangka memiliki satu akun di Telegram, akun itu gunanya untuk menggalang dana,


Jakarta - Densus 88 Polri mengungkap karyawan PT KAI yang merupakan tersangka teroris berinisial DE (28) terlibat penggalangan dana. DE disebut menggalang dana via aplikasi perpesanan Telegram.


"Dia membuka, yang bersangkutan memiliki satu akun di Telegram, akun itu gunanya untuk menggalang dana," ujar juru bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2023).


Namun, Aswin belum merinci soal besaran dana serta aliran hasil penggalangan dana tersebut. Dia menyatakan penyidik masih mendalami penggalangan dana yang dilakukan DE.


"Ini juga besarannya berapa dan ke mana ini masih didalami oleh penyidik. Nanti kita perjelas lagi dengan penyidik," ungkap Aswin.


Pakai Marketplace buat Kamuflase
Pada kesempatan itu, Aswin juga menyebut DE memiliki akun jualan online yang berkamuflase menjual die-cast atau mainan replika.


"Kita amankan yang bersangkutan setelah mem-profiling. Yang bersangkutan memiliki juga akun marketplace di salah satu akun penjualan online yang dikamuflasekan yang bersangkutan untuk berjualan die-cast mainan militer," jelasnya.


Adapun mainan militer yang dijual DE antara lain perlengkapan dan senjata-senjata mainan.


"Yang berkaitan dengan perlengkapan ada gear, ada baju, ada perlengkapan taktikal, termasuk senjata ini," imbuhnya.


Lebih lanjut Aswin menegaskan pihaknya memang menduga DE menggunakan marketplace sebagai kedok menyamarkan aktivitasnya.


"Kalau saya bicara dengan penyidik kita menyimpulkan memang itu sebagai sarana dia untuk mencari uang juga, tapi juga untuk menyamarkan aktivitasnya terkait dengan barang-barang ini," jelasnya.


Kendati begitu, dia mengatakan pihaknya pun masih mendalami soal marketplace milik DE. (dw/*)