Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Dana desa diharapkan bisa membawa perubahan desa

Dana desa diharapkan bisa membawa perubahan desa


Jakarta, (MI)- Penggunaan dana desa tidak boleh berpaku hanya untuk pembangunan infrastruktur. Tapi juga sektor lain yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan di desa.

Hal itu diungkapkan budayawan Sujiwo Tejo dalam kegiatan Gendu Gendu Rasa Festival Dana Desa 2018 yang berlangsung di GOR Tenis Stadion Wujil Kabupaten Semarang, Kamis (27/12).

"Dana desa ibarat godaan semua orang, semua ingin kelihatan seperti hal pembangunan infrastruktur, itu bagus, tapi pembinaan pemuda bidang kesenian, maupun olah raga, khususnya untuk SDM juga penting," ujarnya seperti dikutip RMOLJateng.

Keberadaan infrastruktur memang penting untuk menunjang perekonomian dan kemajuan desa. Namun esensi pembangunan manusia menjadi faktor yang utama. Terlebih jika SDM desa maju akan membawa dampak kemajuan yang lebih pesat bagi lingkungan desa itu sendiri.

"Penerima dana desa jangan sampai dinilai dari sisi uang saja, semua yang dipegang dan diraba semuanya jadi duit, atau dinilai dan terwujud dari bentuk uang semata," tekannya.

Senada dengan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan bahwa anggaran dana desa di Jawa Tengah mencapai Rp 6,7 triliun. Dia berharap dana tersebut dikelola secara akuntabel, transparan, dan tepat sasaran demi kepentingan desa.

“Diharapkan membawa perubahan bagi desa di Jawa Tengah,” pungkasnya, dilansir RMOL. [mi/.]